Dua Desa Kampung KB Kebagian Gedung Rumah Dataku

0
250
Penyerahan gedung Rumah Dataku (kiri). Kadis PPKB Kolut Hj Hasrayani (kanan)

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Dinas Pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DPPKB)  Kabupaten kolaka utara secara resmi menyerahkan fasilitas Gedung Rumah Dataku Kampung KB.

Kedua fasilitas itu berlokasi di dua desa yaitu Desa Walasiho, Kecamatan Wawo dan Desa Sapoiha, Kecamatan Watunohu. Penyerahannya sudah direalisasikan beberapa hari lalu.

Kepala DPPKB Kolut, Hj Hasrayani menuturkan, fasilitas Rumah Dataku berfungsi sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan baik secara fisik maupun non fisik.

“Cakupannya itu meliputi sistim pengelolaan dan pemanfàatan data kependudukan di tingkat mikro mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi, menganalisis data yang bersumber dari dan oleh masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan di kampung KB dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Pembangunan gedung itu, lanjutnya, sudah berjalan Tahun 2020 lalu dengan sumber biaya dari Dana Alokasi Umum (DAU) 2020. Namun penyerahannya baru dilakukan tahun ini karena pelaksana Kadis sebelumnya meninggal dunia tahun lalu.

“Kampung KB terus dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta dalam  rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, sangat membutuhkan data yang terkini, akurat dan terpercaya sebagai dasar perencanaan dan kebijakan pembangunan,” ungkap mantan Camat Lasusua itu.

Ia juga berharap kedepannya pembangunan di kampung kb, baik fisik maupun non fisik bisa dapat di anggarkan melalui dana DAU.

“Agar  rumah dataku bisa di lengkapi fasilitasnya seperti komputer, dan beberapa komponen fisik lainnya.”tuturnya. (***)

Reporter : Andi Momang

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini