Disdukcapil Kolut Prioritaskan Layanan Tiga Kategori Penduduk

0
434
Kadis Dukcapil Kolaka Utara, Buhari Hamid

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka Utara meluncurkan program layanan baru disebut Jemput Bola (Jebol).

Kepala Disdukcapil Kolut, Buhari Hamid menuturkan, Program Jebol itu pemberian layanan perekaman KTP, pembuatan akta kelahiran maupun administrasi kependudukan lainnya. Layanan tersebut langsung terjun ke desa-desa.

“Program ini kami fokus prioritaskan kalangan lanjut usia (lansia), Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas. Jadi kami kunjungi langsung,” tuturnya, Kamis (29/7/2021).

Untuk tiga sasaran tadi, lanjutnya, Dinas dukcapil sama sekali tidak memungut biaya atau gratis. Hal itu ditempuh karena pertimbangan kemanusiaan saja. Proses perekaman dan pencetakan data langsug dilakukan di tempat.

“Tetapi sesuai aturan juga ketiga kategori itu (lansia, ODGJ, disabilitas) digratiskan dalam layanan bila selama ini memang tidak pernah terima bantuan sosial baik raskin maupun BLT,” terangnya.

Dia pun mengimbau bila ada warga atau penduduk dengan kategori tadi, tetapi belum memiliki KTP masa segera melapor ke kepala desa atau langsung ke kantor Disdukcapil. (***)

Reporter : Andi Momang

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini