Waspada ! Kasus Covid-19 di Kolut Melonjak Lagi

0
543

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Erupsi kasus Covid-19 di Kabupaten Kolaka Utara relatif melonjak lagi. Tak main-main, Dinas Kesehatan mencatat ada 175 kasus sepanjang bulan Juli 2021.

“Kalau merujuk data tertanggal 1-28 Juli ini, pasien terkonfirmasi positif sebanyak 175 orang. Sebagian ada yang sembuh setelah jalani isolasi beberapa hari,” ungkap Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Kolut Syamsuddin SKM, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, lonjakan kasus tersebut tidak lepas dari kondisi secara nasional di semua kabupaten maupun kota, utamanya pada bulan bulan Juni dan Juli.

“Termasuk kita di Kolaka Utara ada lonjakan dan mungkin ini bisa diibaratkan gelombang kedua (second wave) Covid-19 di Kolut,” katanya.

Dari hasil kajian, kata dia, lonjakan kasus positif dipicu oleh menurunnya tingkat kedisiplinan masyarakat menerapkan aturan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah.

“Kita tahu saat ini ada varian baru virus itu disebut Delta. Penyebarannya lebih cepat. Lihat saja rumah sakit di kota-kota besar, pasien Covid-19 penuh. Bahkan ada pasien tertolak untuk isolasi karena BOR (Bed Occupancy Rate) rumah sakit sudah overload,” terangnya.

Informasi tambahan, hingga tanggal 28 Juli 2021 Rumah Sakit Djafar Harun Lasusua menangani pasien Covid-19 sebanyak 20 orang, isolasi mandiri (Isoman) 75 orang , kontak erat baru 14 orang dan kontak erat selesai isolasi 35 orang.

“Salah seorang pasien ada yang dirujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo Makassar untuk penanganan lanjutan. Kalau gejala berat dan sedang ditangani RS. Tapi kalau ringan cukup Isoman saja ,” katanya. (***)

Reporter : Andi Momang

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini