Bupati Kolut Jadikan Momen MTQ Perangi Informasi Hoaks Covid-19

0
369
Bupati Kolut Nur Rahman Umar saat membawakan sambutan dalam pembukaan MTQ ke XV 2021, Senin (15/2/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) sudah menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XV 2021. Pembukaan kegiatan yang mengusung tema Tingkatkan Kabupaten Kolaka, Kita Bangun Generasi Qur’ani yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah serta Menuju Masyarakat Madani itu berlangsung di Gedung Islamic Center Masjid Agung Lasusua, Senin (15/2/2021) malam.

Kegiatan tersebut dirangkaikan pula dengan pengukuhan dewan hakim ditandai pemasangan toga secara simbolis pada salah seorang dewan hakim. Selain itu Bupati Kolut Nur Rahman Umar juga menyerahkan piala untuk diperebutkan dalam MTQ Kolut ini.

Bupati Nur Rahman Umar mengatakan, gelar MTQ tahun ini relatif terbatas mengingat situasi masih berhadapan dengan upaya penanganan dan pencegahan Covid-19. Keterbatasan itu salah satunya bersentuhan denga keharusan mematuhi segala aturan protokol kesehatan.

” Covid-19 ini nyata ada, saya harap kita jangan termakan informasi hoaks seolah wabah itu hanya sebuah konspirasi. Jutaan orang sudah terpapar sampai nyawa pun terenggut. Ini bukti kuat bahwa wabah tersebut berdampak pada aspek kesehatan dan secara ekonomi menambah angka kemiskinan serta  jumlah pengangguran,” tuturnya dalam sambutannya.

Meski begitu bupati menginginkan agar kualitas pelaksanaan MTQ dan para peserta dapat terus ditingkatkan karena kegiatan ini bagian upaya peningkatan prestasi peserta baik di tingkat provinsi maupun nasional nanti.

“Inshaallah  kita akan upayakan peningkatan kualitas dan jumlah peserta untuk persiapan tahun mendatang. Semua itu tidak lepas dari keseriusan pelatih maupun pembina, orang tua dan seluruh unsur masyarakat melibatkan anak-anak ikut lomba MTQ di daerah hingga tingkat nasional, ” tuturnya.

Sementara itu, Kepala kantor Kemenag Kolut, H Muhamad Kadir Azis  menyampaikan, kepesertaan MTQ Kolut tahun ini berjumlah 208 orang dengan rincian 55 orang tilawah,  91 orang Hafidz ,16 orang tafsir, 30 orang tartil, dan hapalan hadis 16 orang.

“Di kesempatan ini kami juga meminta dukungan pemerintah setempat untuk menyukseskan salah satu program Kemenag Kolut yaitu pencanangan wakaf satu buah Alquran di lingkungan Pemkab Kolut. Wakaf tersebut akan disalurkan ke masjid maupun musalah sebelum pelaksanaan Bulan Puasa Ramadan 1442 H nanti,” ujarnya. (***)

Reporter : Andi Momang 

 

 

 

 

 

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini