Beasiswa Wawonii Cerdas Berhasil Tingkatkan IPM Konkep

0
710
Dialog Pendidikan bertema Menakar Keberhasilan Pembangunan Sumber Daya Manusia melalui program Beasiswa Wawonii Cerdas. (FOTO : Kardin)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Program Beasiswa Wawonii Cerdas yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sudah memasuki tahun kelima. Pelaksanaanya dianggap mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Menanggapi itu, pemuda putra – putri Wawonii yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Konkep mengelar dialog pendidikan bertema “Menakar Keberhasilan Pembangunan Sumber Daya Manusia melalui program Beasiswa Wawonii Cerdas”.

Dialog pendidikan yang digelar di Rumah Jabatan Bupati, Selasa (01/09/2020), dihadiri oleh Bupati Ir H Amrullah MT, Ketua DPRD Ishak SE, Armit, SSi MSi MSc DSc selaku pembantu rektor IV Universitas Halu Oleo (UHO) serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep Drs Muh Yani.

Tampil sebagai pembicara, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama UHO, Armid, S.Si, M.Si, M.Sc, DSC mengatakan, dengan adanya Beasiswa Wawonii Cerdas ini, ruang putra-putri terbaik Konkep untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas sangat terbuka lebar.

Terlebih, Armid menyebut Pemda Konkep merupakan satu-satunya daerah di 17 kabupaten/kota di Sultra yang menggelontorkan anggaran beasiswa dengan anggaran yang sangat fantastis yakni Rp 6,5 Miliar.

“Sudah beasiswa Konkep ini yang paling besar anggarannya dibanding daerah lain di Sultra. Maka manfaatkan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya. Juga tak lupa, kita terus dukung program ini dan berikan apresiasi besar kepada Bapak Bupati Amrullah dan Bapak Wakil Bupati Andi Muh Lutfi,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Amrullah dalam sambutannya berharap agar program unggulan Beasiswa Wawonii Cerdas ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Agar kelak generasi-generasi terbaik Pulau Wawonii ini dapat mengabdikan diri membangun daerah tercinta Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Kami selaku pendahulu kalian harus siap mengambil ahli tongkat estafet sebagai generasi penerus di Kabupaten Konawe kepulauan ini,” pintahnya.

Melalui program Beasiswa Wawonii Cerdas tersebut, Wakil Ketua DPW Sultra Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) juga berharap ada putra-putri Konkep yang dapat sampai kejenjang guru besar atau “Profesor”.

“Mudah-mudahan ke depan ada anak-anak Konkep yang bisa mengenyam pendidikan sampai ke luar negeri. Saya juga berharap bisa menghadiri undangan pengukuhan Guru Besar dari anak-anak Pulau Wawonii ini,” pesannya.

Selaras dengan Bupati Amrullah, Ketua BEM UHO, Pandy Priyono AS selaku perwakilan mahasiswa Konkep mengatakan bahwa program Beasiswa Wawonii Cerdas telah berhasil meningkatkan IPM Konkep.

Terbukti, di tahun 2013 skor IPM Konkep berada diangka 61,15. Namun sejak adanya Beasiswa Wawonii Cerdas, meningkat menjadi 64,36 di tahun 2018. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini