Kunker Menteri ATR/BPN, Ali Mazi Paparkan Mega Proyek Strategis Sultra

0
471
Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil (kiri) saat meninjau pembangunan Kawasan Wisata Toronipa, Rabu (2/9/2020)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Kunjungan kerja Menteri Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil meyempatkan diri melihat progress pembangunan mega proyek Sultra.

Salah satunya adalah pembangunan Jalan Pariwisata menghubungan Kota Kendari – Konawe di Kawasan Wisata Toronipa sepanjang 14, 5 Kilometer.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, pembangunan jalan pariwisata tersebut kini lama berjalan realisasi fisiknya. Jalan tersebut kedepan diharapkan bisa akses bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Pantai Toronipa akan kami jadikan sebagai kawasan pariwista terpadu. Bahkan saya sudah sampaikan ke teman- teman di Jakarta tentang keunggulan Sultra,” ungkapnya pada menteri, Rabu (2/9/2020).

Guna mendukung value pembangunan di Kawasan Toronipa, lanjutnya, pemprov juga rencana merevitalisasi kawasan kota lama Kendari. Penataan kota tua itu nanti diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah secara keseluruhan.

Selain menpresentasekan proyek Kawasan Toronipa, Ali Mazi pun memaparkan dua proyek strategis lainnya yaitu Rumah Sakit Jantung dan Perpustakaaan bertaraf internasional.

“Untuk mengerjakan semua kami juga datangkan tenaga kerja dari luar yaitu Jakarta. Sedangkan pembiayaan bersumber dari pinjaman sebesar Rp 1,2 triliun dan sebagian dari APBD,” katanya.

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil mengapresiasi kebijakan pembangunan yang ditempuh pemprov. Sofyan mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk konsistensi gubernur dalam membangun daerah.

“Di provinsi ini, semua lahan dan tanah ada manfaatnya. Ini bukti konsistensi gubernur dalam merumuskan kebijakan dalam pembangunan,” ujarnya.

Di sela-sela kegiatan itu, gubernur mengajak menteri jalan-jalan di kawasan Pantai Toronipa menikmati pasir putih kawasan wisata itu.

Menteri ATR/BPN  melakukan kunjungan kerja ke Sultra selama dua hari sejak Sealsa (1/9/2020). Sofyan berkunjung ke salah satu perusahaan tambang, yakni PT. Virtue Dragon Nickel Industry di Konawe dan Kolaka Timur.  (*** )

Reporter : Juhartawan

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini