Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Wakil Ketua DPRD Kolut: Pahami Konsensus Bernegara

0
506
Wakil Ketua DPRD Kolut Hj Ulfa Haeruddin ketika menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di salah satu lokasi wisata di Batu Putih Kolut

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Ideologi Pancasila menanamkan beberapa nilai. Diantaranya adalah ketekunan dan kerja ikhlas membantu sesama demi perbaikan ekonomi dan kemajuan masyarakat sekitar.

Itu ditegaskan Wakil Ketua DPRD Kolaka Utara, Hj Ulfa Haeruddin saat gelar Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaaan, Senin (13/11/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan para peserta dari kalangan karang taruna, penggiat UMKM dan komunitas Pencinta alam Batu Putih Kolut.

“Nilai lain dari ideologi Pancasila semangat kerja sama dan gotong royong, itu semua bisa diimplementasikan saudara-saudara dalam berbagai aktivitas kehidupan,” ujarnya.

Ulfa menerangkan, dalam konsensus kehidupan bernegara dan berbangsa ada empat hal mesti dipahami, yaitu terkait Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Dalam substansi konsensus tersebut, semua warga negara harus memahami sejarah dan nilai-nilai Pancasila serta tujuan nasional sebagaimana tertuang dalam UUD,” terangnya.

Materi Kedua yaitu Nilai-nilai Pancasila, di mana dalam penjelasannya membahas tentang sejarah lahirnya Pancasila serta nilai-nilai Esensi dan Implementasi Pancasila yaitu Nilai Religius, Nilai Keadilan, Nilai Kekeluargaan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keselarasan.

Materi Ketiga yaitu Bela Negara, dimana Bela Negara itu sendiri adalah tekad, sikap perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

“Peran Kebudayaan dalam Bela Negara adalah sebagai Pemersatu Bangsa dan Banteng Pertahanan Non fisik,” katanya.

Di momen itu, dia pun sangat senang karena bisa berkunjung ke salah satu destinasi wisata alam dan menyaksikan pagelaran Budaya Sikuku di Kelurahan Batu Putih.

“Saya sangat mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk mengisi materi dan berdiskusi dalam kegiatan ini serta rasa bangga saya ucapkan kepada seluruh peserta,” tuturnya. (***)

Reporter : Andi Momang

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini