Sisa Dua Kabupaten Masih Steril Pasien Positif Covid-19

0
368

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Penyebaran wabah corona memang tetap mesti diwaspadai oleh jajaran gugus tugas kabupaten maupun kota. Meski sudah dilakukan upaya preventif maupun promotif penanganan wabah, namun tetap saja masih bisa ‘kecolongan’.

Terbukti satu lagi kabupaten berstatus zona hijau yaitu Kabupaten Buton juga menyusul kondisi Buton Utara dan Buton Selatan yang sehari sebelumnya ditemukan kasus perdana positif Covid-19. Kini tersisa dua kabupaten zona hijau masih steril pasien positif corona yaitu Kabupaten Konawe Utara dan Konawe Kepulauan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal melaporkan, update data Kamis (11/6/2020) yaitu ada penambahan enam kasus positif.

Tiga kasus terkonfirmasi diantaranya berasal dari Kabupaten Buton. Lalu dua kasus berasal dari Kabupaten Konawe dan satu kasus dari Kolaka Timur.

“Kasus positif di Kolaka Timur klasternya tidak jelas diperoleh pemeriksaan rapid test dan swab. Ini kasusnya sporadis. Sedangkan dua kasus dari Konawe hasil pemeriksaan rapid test dinyatakan reaktif dan swab test hasilnya positif,” ungkap Rabiul Awal.

Khusus Buton yang berstatus daerah zona hijau, lanjutnya, dari tiga kasus terkonfirnasi positif, satu orang kontak erat klaster perjalanan dari Kota Makassar, satu orang berkaitan erat dengan kasus Buton 1. Seorang lagi terdeteksi saat rapid tes dan swab saat bersangkutan ingin melakukan perjalanan,” terangnya.

Tambahan enam kasus baru mengubah total angka kasus terkonfirmasi positif menjadi 272 orang. Pasien yang menjalani perawatan medis isolasi maupun karantina berjumlah 89 orang.

“Hari juga kami laporkan adan penambahan empat kasus sembuh dengan rincian tiga orang dari Kolaka Timur dan satu orang asal Wakatobi. Sehingga total kasus sembuh kita menjadi 178 kasus, Untuk kasus meninggal dunia masih tetap lima orang,” ujarnya, (adv)

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini