Sekda Bombana Ingatkan OPD Hindari Kecurangan Saat Bertugas

0
452
peserta sosialisasi pengendalian grafitisikasi lingkup Pemkab Bombana melakukan penandatanganan komitmen untuk tidak terlibat dalam gratifikasi.

MCNEWSULTRA.ID, Rumbia – Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Man Arfa mengingat seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menghindari segala bentuk kecurangan atau pelanggaran, bahkan tekanan maupun ancaman dalam menjalankan tugas.

Penegasan itu dilontarkan Man Arfa saat bertindak sebagai pemateri dalam acara Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi di Aula Tanduale Kantor Bupati Bombana, Rabu (1/9/2021).

Kegiatan itu diikuti oleh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bersama Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) dan Camat.

“Penyelenggaraan pemerintahan harus dibarengi dengan nilai-nilai integritas sebagaimana diatur dalam perundang-undangan ASN yang menekankan kejujuran, kepatuhan, kemampuan bekerja sama dan pengabdian pada masyarakat,” terangnya.

Ia menambahkan, integritas yang kuat dan tangguh merupakan bentuk komitmen ASN untuk mencegah korupsi sehingga pertumbuhan ekonomi tidak lambat dan sebagainya.

“Khusus pada pimpinan OPD mesti dipahami bahwa budaya kita di Indonesia adalah budaya patron. Jadi segala tindak tanduk pimpinan akan menjadi cerminan sikap pada bawahan atau sfat,” tukasnya.

Sementara itu inspektur Bombana Kalvarios Syamrut mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya yang dilakukan guna mencegah tindakan gratifikasi di lingkup Pemkab Bombana

“Sosialisasi ini ada penyampaian materi berupa dasar hukum dan hal-hal teknis terkait tindak gratifikasi hingga tata cara pelaporan dan sebagainya. Dengan begitu peserta sosialisasi memiliki pengetahuan dan pemahaman utuh,” katanya pada awak media.

Untuk diketahui sebelum acara berlanjut peserta sosialisasi melakukan penandatanganan komitmen untuk tidak terlibat dalam gratifikasi. (***)

Reporter : LM Dzaki

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini