Sulkarnain Ingin Dorong Investasi Tanaman Porang di Kendari

0
320
Wali kota Kendari, H Sulkarnain Kadir SE ME diacara penyerahan bantuan bibit cengkeh, beberapa waktu lalu. (FOTO: Ist)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Daya tarik tanaman porang sebagai komoditi primodana baru tanah air, rupanya membuat tertarik Wali kota Kendari Sulkarnain Kadir, untuk membudidayakan jenis tanaman umbi-umbian itu.

Tak tanggung-tanggung, ia bahkan telah menyiapkan lahan seluas sekira 200 hektar khusus untuk budidaya tanaman dengan nama ilmiah Amorphophallus Muelleri Blume itu.

“Saya sudah instruksikan Dinas Pertanian bersama Penyuluh Pertanian untuk mengajak petani membudidayakan tanaman porang. Ini komoditi ekspor, harga jualnya tinggi,” ungkap Sulkarnain saat memberi sambutan dikegiatan penyerahan bantuan bibit cengkeh, Rabu (25/8/2021).

Tak hanya menyiapkan lahan, Ketua Kwarcab Kota Kendari itu juga bahkan telah memikirkan upaya untuk menyerap hasil panen petani porang nantinya.

“Kita sudah bangun komunikasi dengan beberapa investor untuk membuka Pabrik Porang di Kota Kendari. Selain itu, kita juga telah menyiapkan Perumda yang akan memfasilitasi hasil pertanian petani di Kota Kendari nantinya, termasuk porang ini,” ungkapnya.

“Semua ini kita lakukan, semata-mata untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Kendari khususnya petani,” timpalnya.

Senada, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari, Sitti Ganef mengungkapkan, bila lahan seluas 200 hektar itu berada di tiga lokasi berbeda yakni, Kecamatan Puuwatu, Wuawua dan Baruga.

Nantinya pula, lanjut mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Kendari itu, upaya pendampingan hingga bantuan bibit dan pupuk akan terus dilakukan.

“Sosialisasi dan edukasi terus dilakukan Distan dan Penyuluh Kementan. Hasilnya, animo dan antusias masyarakat untuk membudidayakan porang sangat tinggi,” ujar Sitti Ganef.

Sebagai informasi, dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (14/8/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepala daerah, mulai dari gubernur, bupati, hingga walikota untuk menggenjot ekspor komoditas pertanian.

Dia ingin para kepala daerah mengoptimalkan komoditas unggulan daerahnya masing-masing.

“Saya juga minta kepada para gubernur, bupati, dan walikota untuk menggali potensi ekspor di daerahnya masing-masing. Segera garap komoditas-komoditas pertanian yang potensial untuk dikembangkan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap besar tanaman porang bisa jadi komoditas ekspor baru dari Indonesia. Oleh karena itu, ia meminta agar peluang ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya. Dan itulah yang saya pesankan kepada Menteri Pertanian, tadi ketika saya berkunjung ke pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur,” kata Jokowi mengutip dari unggahan Instagram miliknya @jokowi, Jum’at (20/8/2021). (***)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini