Redam Potensi Banjir, Doule Dijatah Drainase Baru

0
399
Kepala Dinas PUPR Bombana, Syahrun

MCNEWSULTRA.ID, Rumbia – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bombana akan membangun drainase baru berlokasi di Kelurahan Doule, Kecamatan Rumbia.

Pembangunan drainase itu tujuannya meredam potensi banjir di musim penghujan. Pasalnya, beberapa drainase saat ini dinilai kurang memadai menampung air dalam jumlah debit besar.

“Drainase sekarang memang sudah ada juga. Cuma daya tampungnya sangat kecil. Kalau hujan lebat selama 15 menit pasti banjir,” tutur Kadis PUPR Bombana, Syahrun ST, Senin (9/8/2021).
Saat ini, kata dia, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar untuk membangun dua titik drainase dengan total sepanjang 570 meter. Anggarannya bersumber dari DAU.

Menyoal kondisi Kelurahan Lauru dan Kampung Baru yang kerap juga terdampak banjir, Dinas PUPR belum menganggaran pembangunan fisik serupa. Soalnya hasil pemantauan pemicu banjir di dua wilayah itu akibat kiriman dari Kelurahan Doule.

“Kalau sudah jadi drainase di Daule otomatis konsentrasi air akan terpecah dan bisa dipastikan tidak akan ada lagi banjir,” ungkapnya.

Untuk tahun berikutnya pihaknya juga akan tetap berupaya untuk mengalokasikan anggaran untuk pembangunan drainase di wilayah lain. Bukan hanya membangun drainase, tetapi melakukan normalisasi sungai. (***)

Reporter : LM Dzaki

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini