KUPA-PPAS APBD Kota Kendari Disepakati

0
332
Wali Kota Kendari Sulkarnain dan Ketua DPRD Subhan resmi menyepakati KUPA-PPAS Perubahan APBD TA 2021. (FOTO: Humas dan Pro. SETDA DPRD Kota Kendari)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kota Kendari tahun anggaran 2021 resmi disepakati eksekutif dan legislatif.

Persetujuan itu, tertuang dalam Rapat Paripurna dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama atas KUPA-PPAS Perubahan APBD Kota Kendari tahun anggaran 2021, di Aula DPRD setempat, Senin (9/8/2021).

Kegiatan tersebut juga bersamaan dengan ditandatanganinya Berita Acara Persetujuan Bersama Penganggaran Kegiatan Tahun Jamak (Multiyears).

Wali Kota Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menjelaskan, dokumen KUPA-PPAS mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam siklus Perencanaan Pembangunan Daerah.

“Juga menjadi jembatan antara perencanaan dan penganggaran yang selanjutnya menjadi pedoman dalam penyusunan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” ujarnya.

Terkait rencana penganggaran tahun jamak (multiyears), Ketua Kwarcab Kota Kendari itu menyampaikan bahwa, rencana tersebut untuk jangka waktu 2 tahun anggaran.

Meliputi, proyek pengerjaan jembatan kembar Kali Kadia, rumah sakit tipe D Puuwatu dan pembangunan Puskesmas Kandai.

“Diperuntukkan bagi pelaksanaan kegiatan fisik seperti jalan serta jembatan yang bertujuan untuk membuka akses dan mengurai simpul kemacetan yang di alami selama ini. Serta, mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan sebagai upaya meningkatkan mutu dan standar pelayanan Rumah Sakit,” jelasnya.

Ketua Pengprov ISSI Sultra itu berharap, melalui Penandatanganan Nota Kesepakatan Perubahan KUA dan perubahan PPAS APBD tahun 2021 ini, dapat memberikan sedikit ruang fiskal untuk melanjutkan beberapa pekerjaan fisik khususnya berkaitan dengan pembenahan wajah Kota Kendari.

Serta, sarana prasarana kesehatan yang mendukung penanganan penyebaran wabah Covid-19 serta kegiatan-kegiatan dalam rangka pemulihan ekonomi.

“Insya Allah, dalam beberapa hari ke depan, kami juga akan segera melaksanakan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran di tingkat OPD dan selanjutnya merampungkan Penyusunan Rancangan Perubahan APBD Kota Kendari.” Imbuhnya.

Untuk diketahui, rapat paripurna yang juga digelar secara virtual tersebut, dipimpin Ketua DPRD Subhan, dihadiri langsung Wali Kota Sulkarnain bersama wakilnya Siska Karina Imran. Serta, para anggota DPRD Kota Kendari. (**)

Reporter :Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini