Musrenbang Kecamatan, Dewan Konut Sepakat Stunting Dibereskan

0
41
Ketua DPRD Konawe Utara Ikbar (ketiga dari kanan) saat mengikuti kegiatan Musrenbang Kecamatan Tahun 2024

MCNEWSULTRA.ID, Wanggudu – Ketua DPRD Konawe Utara Ikbar turun langsung menyaksikan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 di Kecamatan Sawa dan Motui, Selasa (30/1/2024).

Dalam acara ini dihadiri sejumlah pejabat penting yakni Ketua DPRD Konut Ikbar, Forkopimda, Pj Sekda Konut, Asisten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Sawa, Motui, serta seluruh kepala desa dan lurah di kedua kecamatan itu

“Dari hasil kegiatan musrenbang bagi DPRD juga memiliki catatan tersendiri, selain itu terus mendukung seluruh program unggulan dan strategis kepala daerah,” tutur Ikbar disela acara musrenbang.

Bupati Konawe Utara Ruksmain menekankan agar semua pihak bahu membahu terlibat menangani kasus stunting di wilayah Konut

Dia pun sepakat kebijakan pemerintah daerah mendorong percepatan penangan stunting atau gizi melalui kegiatan pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) dan pemberian deteksi stunting.

“Kita tentu berharap berbagai pendekatan itu mampu menekan angka prevalensi stunting hingga 14 persen sebagaimana ditetapkan pemerintah pusat,” tegasnya.

Sambutan di Musrenbang, Bupati Konawe Utara Ruksamin menegaskan, akan menuntaskan target pembangunan 1.800 MCK di seluruh desa, khususnya bagi warga yang belum memiliki fasilitas tersebut. Selain ini terus mengintensifkan penanganan sanitasi lingkungan.

“Agenda Musrenbang dihari ketujuh ini, dilaksanakan sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025,” ujarnya.

Ketua DPRD Konut Ikbar menyerahkan bantuan alat pendeteksi stunting pada petugas puskesmas

Dia mengingatkan pula agar hasil musrenbang mencerminkan kebutuhan nyata masyarakat sebagai basis RKPD yang bisa berdampak positif bagi seluruh masyarakat itu sendiri.

“Berdasarkan statistik, pertumbuhan ekonomi Konawe Utara sudah mulai menuju angka 6,25 persen. Semoga Tahun 2025, angka tersebut terwujud dengan kerja-kerja maksimal kita,” tandasnya.

Ruksamin juga berpesan agar seluruh masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam yang setiap saat bisa saja terjadi.

Di momen itu, Bupati Konut dua periode itu menyerahkan secara simbolis bantuan alat pendeteksi stunting kepada desa dan Puskesmas di Kecamatan Sawa dan Motui sebagai upaya serius pemerintah daerah menekan angka kasus gizi buruk di Konawe Utara. (***)

Reporter : Wawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini