Dua Warga di Bombana Terpapar Kasus Covid-19

0
1063
Dirut RSUD Bombana, drg Riswanto

MCNEWSULTRA.ID, Rumbia – Dinas Kesehatan Bombana dan RSUD Bombana melaporkan temuan dua kasus Covid-19. Kedua pasien yang terpapar itu adalah warga Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Rumbia Tengah dan karyawan perusahaan tambang PT Tonia Mitra Sejahtera di Kepulauan Kabaena.

Menurut Dirut RSUD Bombana, drg Riswanto, awalnya sebanyak 19 orang dinyatakan suspek Covid-19. Setelah itu mereka menjalani isolasi mandiri (Isoman) selama beberapa hari.

“Setelah tahap Isoman itu, ternyata ada dua orang mengaku merasak sesak dan mesti menjalani perawatan medis. Sesuai hasil pemeriksaan tes RT-PCR (Polymerase Chain Reaction) mereka pun terkonfirmasi positif dengan status asimptomatik,” tuturnya, Selasa (6/7/2021)

Pihak rumah sakit sendiri tidak mengetahui persis bagaimana riwayat kontak pasien sehingga terjangkit corona. Namun informasinya mereka adalah pelaku perjalanan.

Terpisah, Kadis Kesehatan Bombana, Darwin Ismail mengatakan, saat ini tim surveilans sedang melakukan tracing (pelacakan) terhadap orang-orang yang diduga berkontak erat dengan pasien positif.

“Kami tidak henti-hentinya mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan protokol kesehatan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Kalau tidak ada urusan penting sebaiknya di rumah saja,” jelasnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Sultra, untuk wilayah Bombana sudah tercatat ada 349 kasus positif dan 319 orang dinyatakan sembuh serta 9 orang dinyatakan meninggal dunia.

Pemkab Bombana juga masih mengintensifkan penyelengaraan Program Vaksinasi Massal guna memutus mata rantai penyebaran wabah di tengah ancaman gelombang kedua Covid-19. (***)

Reporter : LM Dzaki

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini