DPRD Sultra Tinjau Inovasi Teknologi Pertanian di BPTP Gorontalo

0
71
Kepala BPTP Gorontalo Amin Nur (kanan) menunjukkan salah satu produk inovasi bibit pada Wakil Ketua DPRD Sultra Herry Asiku, Kamis (18/11/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Gorontalo – Pengembangan potensi jagung hibrida turut menyita perhatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Demi mendukung inovasi pengembangan komoditi tanaman tersebut, anggota DPRD Sultra berkunjung ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo.
Agenda itu dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Sultra, Herry Asiku. Kehadiran para Legislator Sultra diterima oleh Kepala BPTP Gorontalo Dr Amin Nur SP MSi bersama staf, Kamis (18/11/2021).

Pada kesempatan itu, anggota Dewan Sultra juga melihat pengembangan ayam kampung unggul balitbangtan (KUB) strata 1 yang kini telah memiliki sejumlah kandang inti plasma binaan. Ternak itu mampu menghasilkan indukan atau parent stock ayam kampung unggulan dari Badan Litbang Pertanian.

“Kedatangan kami kali ini untuk mendapatkan referensi mengenai inovasi teknologi produksi benih jagung hibrida. Khususnya yang sedang dikembangkan di Provinsi Gorontalo,” ungkap Herry Asiku.

Ditegaskan pula bahwa Sultra mempunyai potensi lahan yang luas. Pemerintah daerah tentu berupaya ingin agar pendapatan petani bisa meningkat sekaligus menumbuhkan mandiri benih pada petani dengan mengandalkan kearifan lokal.
“Kami sangat mengapresiasi BPTP Gorontalo setelah melihat langsung inovasi teknologi. Ke depannya akan terus meningkatkan sinergi kolaborasi dalam pengembangan pertanian antara Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Gorontalo,” tuturnya.

Dalam momen itu Kepala BPTP Gorontalo Amin Nur memaparkan sejumlah Inovasi unggulan garapan BPTP Gorontalo diantaranya pengembangan produksi benih tanaman pangan baik padi maupun jagung, benih hortikultura serta benih tanaman perkebunan yaitu cengkeh dan kelapa. (***)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here