Disperindagkop Konkep Tetapkan Jadwal Aktivitas Pasar Rakyat

0
579
Pasar Mosolo di Kecamatan Wawonii Tenggara. (FOTO : konkep.go.id)

MCNEWSULTRA.ID, LangaraPemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) telah menetapkan jadwal aktivitas pasar rakyat yang tersebar di tujuh kecamatan.

Abd Fattah, SE., M.Si

Menurut Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Abd Fattah, saat ini pasar rakyat di Konkep yang berstatus aktif ada tujuh. Sementara yang belum aktif tersisa tiga.

Untuk yang aktif ada Pasar Mosolo di Wawonii Tenggara terbuka setiap hari Senin. Pasar Wawouso pada hari Minggu, Pasar Sawaea Wawonii Selatan di hari Sabtu.

Untuk Pasar Ladianta Wawonii Timur Laut dan Lampeapi di Wawonii Tengah terbuka di hari Jumat. Pasar Lansilowo Wawonii Utara pada hari Kamis.

Sementara Pasar Kabupaten di Wawonii Barat terbuka setiap hari Senin, Kamis dan Minggu. Saat ini pihaknya akan menyosialisasikan untuk dibuka tiap hari.

“Sementara pasar rakyat yang belum aktif yakni, Pasar Munse di Wawonii Timur, Pasar Roko-Roko di Wawonii Tenggara dan Pasar Watuondo di Wawonii Timur Laut,” rincinya saat diwawancarai MCNEWSULTRA.ID, Selasa (2/3/2021).

Mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) itu juga mengatakan, pengaturan jadwal perlu dilakukan sebagai upaya pengoptimalisasian pengelolaan pasar rakyat yang ada di setiap kecamatan.

Terpenting, bagaimana melakukan pemerataan pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut juga masuk ke dalam program 100 hari kerja Bupati Amrullah dan Wakil Bupati Andi Muh Lutfi.

“Karena kalau diatur seperti itu, pedagang bisa berkeliling setiap hari di tujuh pasar kecamatan dan tentunya semua pasar perlahan akan aktif. Kecuali Pasar Langara, karena berada di ibu kota maka perlu diaktifkan setiap hari,” jelasnya.

Di akhir, mantan Asisten II Konkep itu juga berharap ada kolaborasi dan sinergitas multi sektor untuk memikirkan keberlangsungan pasar rakyat.

Menurutnya, berbicara tentang keberlangsungan pasar, peran berbagai lini sektor sangat penting. Contohnya, Perindagkop memfasilitasi tempat berjualannya. Soal apa yang dijajakan dan bagaimana ketersediannya, ada andil dari dinas lain.

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini