Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga Ponggiha

0
664
Sebagian warga Desa Ponggiha terpaksa menumpuk barang di depan rumah akibat basah terendam air

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Sebanyak 46 rumah warga Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara terendam banjir. Bencana itu dipicu oleh hujan deras yang berlangsung sekira Pukul 02.00 Wita, Sabtu (25/9/2021) dinihari.

Bukan hanya rumah kena imbas, dua fasilitas umum yaitu SD Negeri 1 Ponggiha dan Masjid Syuhada juga ikut terendam air setinggi lutut orang dewasa.

Kepala Desa Ponggiha, Rahmat mengatakan, sekitar 46 rumah di dua dusun  terdampak banjir. Dua fasilitas umum yang juga terdampak adalah SDN 1 Ponggiha dan Masjid Syuhada Ponggiha.

Menurut Kepala Desa Ponggiha, Rahmat, luapan air bermula dari tersumbatnya arus di salah satu jembatan di daerah itu. Arus yang meredam rumah dan fasilitas umum juga ikut membawa lumpur.

“Ini sudah masalah dari dulu ini. Sampah-sampah dari gunung itu menumpuk di jembatan karena di dalam itu ada tiang,” tuturnya.

Pantauan di lokasi kejadian, sampai saat ini masyarakat bersama BPBD Kokut masih bergotong royong melakukan pembersihan di masjid dan sekolah.

Dua unit mobil pemadam kebakaran bersama belasan personilnya juga diturunkan kerahkqn  oleh Dinas Damkar Kolut untuk membantu warga menguras lumpur.  Kerugian materil akibat banjir sampai saat ini belum bisa ditaksir. (***)

Reporter : Andi Momang

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini