Vaksinasi Massal Polres Kolut, Banyak Warga Tak Lolos Screening

0
445
Suasana vaksin massal Polres Kolut di Puskesmas Tolala, Kabupaten Kolaka Utara, Sabtu (26/2/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Kepolisian Resort (Polres) Kolaka Utara menggelar vaksinal massal serentak menyambut HUT Bhayangkara ke-75. Salah satu titik lokasi vaksinasi adalah Kecamatan Tolala, wilayah ujung utara perbatasan Kolaka Utara dan Sulawesi Selatan.

Yang menarik ketika gelar vaksinasi di daerah itu, meski ada enam desa tetapi jumlah partisipan kegiatan hanya berjumlah lima orang. Bahkan Desa Loka tak satu pun warganya hadir karena akses jalan sulit menembus pusat ibukota Kecamatan Tolala.

“Kalau dari data yang masuk sudah siap vaksin 60 orang. Hanya saja dari pemeriksaan ketat kesehatan tim dokter tercatat cuma 28 orang memenuhi syarat,” ungkap Kepala Puskesmas Tolala, Eko Budianto pada mcnewsultra.id, Sabtu (26/2/2021).
Diinformasikan pula ada sekira 20 orang warga tidak lolos screening Kesehatan dikarenakan ada beberapa penyakit yang mereka derita, seperti Hipertensi (Darah tinggi), Flu dan Batuk, Maag dan lainnya. Sebanyak 12 orang menolak vaksin karena khawatir ada dampak.

“Mereka termakan dan percaya informasi hoaks seputar dampak vaksinasi di media sosial. Mereka ada rasa trauma dan kami tidak bisa memaksa,” katanya.

Menurutnya, ke depan peran Bhabinkamtibmas lebih besar lagi yaitu harus gencar mengedukasi kesadaran warga ikut program vaksinasi nasional. Tujuannya untuk mengimbangi informasi keliru seputar efek vaksin.

Kapolsek Tolala, Ipda Arifuddin SIP tak menampik kondisi psikologis warga menolak divaksin. Seluruh informasi Puskesmas Tolala menjadi perhatian serius pula pihak kepolisian. Utamanya meluruskan pemahaman negatif sebagian masyarakat soal dampak vaksin.

“Dengan sedikitnya warga yang divaksin hari ini kami berharap agar Pemerintah Desa ke depannya mau proaktif membantu melakukan edukasi kepada warganya agar mau divaksin,”ujarnya

Dari problem itu, Polsek Tolala bersama Bhabinkabtimas dan kepala desa akan turun ke rumah-rumah warga memberikan penyuluhan maupun edukasi secara menyeluruh.

“Kondisi geografis juga mesti diperhitungkan memang. Misalnya, di Desa Loka tak satupun warganya hadir. Kita maklum karena letaknya pegunungan berbatasan dengan Kecamatan Porehu. Kendaraan susah tembus di situ, kalau pun bisa butuh waktu berjam-jam,” jelasnya.

Rencananya, khusus Desa Loka tim vaksinator akan terjun langsung ke wilayah guna mendekatkan akses pelayanan pada masyarakat. Informasi pihak kepala desa, seluruh warga sudah siap divaksin. (***)

Reporter : Andi Momang

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini