MCNEWSULTRA.ID, Rumbia – Upaya pemerintah menekan laju kasus positif Covid-19 masih menghadapi sejumlah kendala. Salah satunya soal mewabahnya infodemik atau informasi berlebihan yang memperburuk situasi penanganan wabah.
Dasar itu, Dinas Kesehatan Bombana akan mengoptimalkan layanan Call Center Covid-19. Tujuannya agar masyarakat bisa mengakses informasi yang valid seputar pengendalian Pandemi ini.
“Rencana layanan itu (Calla Center) kami launching tanggal 16 Agustus nanti di Gedung Palang Merah Indonesia,” tutur Kepala Dinkes Bombana, Darwin Ismail, Senin (9/8/2021).
Melalui layanan itu, kata dia, selain menangkal informasi hoaks sekaligus menjadi sarana bagi masyarakat berkonsultasi seputar penyakit yang dialami.
“Kita menginginkan agar proses pelayanan kesehatan di musim pandemi Covid-19 relatif lebih cepat dan terarah. Layanan itu beroperasi 24 jam. Nomor call center nanti kami sampaikan,” terangnya.
Jadi, lanjutnya, masyarakat boleh berkonsultasi seputar informasi apapun mengenai kesehatan dan penanganan Covid-19. Sehingga tidak lagi mudah percaya bahwa Covid-19 hanya wabah yang mengada-ada.
Saat ini dinkes masih menyusun petunjuk teknis atau tata cara mengisi aduan serta nomor call centernya. Semuanya akan disosialisasikan melalui media massa maupun baliho. (***)
Reporter : LM Dzaki