Pendaftaran Anggota KPU se Sultra Dibuka, Timsel Garansi Integritas Aman

0
262
Jajaran Timsel KPU dalam konferensi pers pendaftaran calon anggota KPU Kota Kabupaten se Sultra, Senin (6/3/2023). (FOTO: IST)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari — Kabar gembira bagi para peminat jadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Periode 2023 – 2028, khusus wilayah Sulawesi Tenggara Tim Seleksi (Timsel) sudah resmi membuka penjaringan.

Jajaran timsel perwakilan semua zona secara bersamaan menggelar konferensi pers membahas tahap-tahapnya mulai jadwal pendaftaran, pensyaratan serta dokumen pendaftaran dan tahapan, Senin (6/3/2023).

Secara khusus timsel juga sudah menerbitkan Surat Nomor 01/TIMSELKAB/KOTA-SULTRA1-Gel 2-pu/01/74/2023 tentang Pendaftaran Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se Sultra Zona 1, 2 dan III Periode 2023-2028.

Ketua Timsel Zona I, Noor Dhani mengatakan, komposisi timsel penjaringan anggota KPU terbagi dalam tiga zona. Zona Sultra 1 meliputi Kabupaten Bombana, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan dan Buton Utara.

Lalu Zona Sultra 2 mencakup wilayah Kabupaten Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan.

Berikutnya Zona Sultra 3 terdiri atas Kabupaten Muna, Muna Barat, Wakatobi, Kota Kendari dan Kota Baubau.

“Untuk tahapan pendaftaran itu kami mulai pada Tanggal 6 – 17 Maret 2023. Seleksi ini terbuka secara umum bagi yang memiliki kompentensi,” katanya.

Ketua Timsel Zona 2, Alim Marhadi menegaskan, sebelum mendaftar para calon peserta harus menyimak syarat yang sudah diatur dalam PKPU Nomor 9 Tahun Perubahan PKPU Nomor 4 Tahun 2003.

“Yang mesti ditekankan dalam syarat pendaftaran yaitu, pendidikan minimal SMA atau sederajat dan tidak pernah menjalani hukuman pidana,” tegasnya didampingi Sekretaris Rosmawati Rasyid.

Alim Marhadi juga merespon soal jaminan independensi timsel dalam bekerja. Akademisi UHO Kendari itu menjamin bahwa timsel akan bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan tetap mengedepankan integritas. (***)

Reporter : Johartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini