Bombana Kini Miliki Gedung Perawatan Pasien Covid

0
454
Bupati Bombana Tafdil ketika meresmikan gedung khusus perawatan pasien Covid-19 di kawasan RSU Bombana, Jumat (2/7/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Rumbia – Kabupaten Bombana siap mengantisipasi potensi fase genting Covid-19 saat ini. Utamanya bila mengalami rasio Bed Occupancy Rate (BOR) pasien corona yang tidak ideal lagi.

Daerah itu kini mengandalkan sebuah gedung baru khusus perawatan pasien Covid-19 berlokasi di kawasan RSU Bombana di Kelurahan Poea, Kecamatan Rumbia tengah.

Gedung baru tersebut telah diresmikan Bupati Bombana Tafdil, Jumat (2/7/2021). Turut menyaksikan Plt Direktur RSU Bombana drg Riswanto beserta seluruh karyawan.
Bupati Tafil mengatakan, gedung baru khusus pasien Covid-19 itu terletak di belakang Ruang radiologi dan didukung fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) berupa 8 kamar meliputi satu ruang UGD, satu kamar jaga perawat dan enam kamar khusus pasien.

“Gedung ini merupakan respon pemerintah atas harapan masyarakat agar Bombana juga memiliki gedung khusus perawatan pasien Covid-19. tentu memenuhi standar syarat memadai dan terpisah dari ruang rawat pasien lainnya,” ucapnya.

Gedung tersebut juga memiliki faskes mesin Polymerase Chain Reaction (PCR), ruang perawatan khusus dan dukungan dokter spesialis paru. Dengan faskes tersebut memudahkan pemeriksaan sampel bagi pasien yang terdeteksi kena wabah corona.

“Kita ingin ke depan Kabupaten Bombana menjadi rujukan pelayanan kesehatan terpercaya. Pihak RSU segera berbenah karena seluruh fasilitas sudah ada. Mudah-mudahan juga ada akses ambulans dari jalan raya,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Direktur RSU Bombana, Riswanto mengungkapkan, khusus untuk ruang isolasi atau Negative Pressure room telah yang dilengkapi alat Hepa Filter guna mengatur sirkulasi udara agar tidak menyebar ke ruang pasien lain. Didukung pula exhaust grill untuk mengatur aliran udara.

“Gedung itu bisa juga bermanfaat untuk penanganan penyakit menular lainnya. Kalau daya tampung pasien bisa sampai empat orang, ” katanya. (***)

Reporter : LM Dzaki

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini