Warga Konkep Terima Bantuan Kemensos RI

0
323
Bupati Konawe Kepulauan, Amrullaj saat menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI. (FOTO : KARDIN)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Warga korban dampak Covid-19 di Kabupaten Konawe Kepulauan kembali menerima bantuan. Kalau sebelumnya menerima Bantuan Tunai Langsung (BLT) dari Dana Desa, maka kali ini sumber bantuan dari Kementerian Sosial RI. Namanya Bantuan Sosial Tunai (BST).

Penyerahan secara resmi simbolis dilakukan Bupati Konkep Amrullah pada sejumlah warga di Rumah Jabatan Bupati, Kamis (14/5/2020). Jumlah penerima keseluruhan adalah 462 jiwa.

Dalam sambutannya, Bupati Amrullah mengatakan, akibat dampak wabah, pengelolaan anggaran pemerintah pusat hingga daerah, bahkan sampai ke tingkat desa diwajibkan ada pengalokasian bantuan sosial dampak Covid-19.

“Tetapi penerima bantuan tidak boleh tumpang tindih. Misalnya penerima BST ini bukan untuk warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) atau BLT Dana Desa. Termasuk tak tumpang tindih dengan data terpadu kesejateraan sosial (DTKS),” katanya.

Amrullah juga mengimbau agar masyarakat tetap bekerjasama memutus rantai penyebaran Covid-19. Warga yang baru balik dari Kendari jangan dulu beradaptasi dengan keluarga. Sebaiknya lakukan isolasi mandiri.

Sementara itu Kadis Sosial Konkep, Rustam Arifin mengatakan, ada empat sumber bantuan langsung tunai (BLT) yang terbagi dari BLT DD, BLT Kabupaten, Provinsi dan bantuan sosial tunai (BST) Kementrian Sosial yang akan dibagikan kepada masyarakat Konawe Kepulauan (Konkep) yang terdampak Covid 19.

“ini tahap pertama untuk penerimah bantuan BST Kementrian Sosial yang akan disalurkan pada Bulan April, Mei, dan Juni. Adapun penyaluran bantuan BST tersebut bekerja sama dengan kantor Pos,” jelasnya. (*)

Reporter : Kardin

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini