Mendagri Beri Isyarat Setujui Usulan Pinjaman Pemprov Sultra

0
348

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Sekian lama menanti kajian Kementerian Dalam Negeri, akhirnya usulan pinjaman Pemerintah Provinsi Sultra melalui lembaga funding PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) bisa disetujui Mendagri Tito Kanavian.

“Permohonan pinjaman sudah dapat lampu hijau dari mendagri. Hanya saja besaran pinjaman dipangkas sekitar Rp 7 miliar,” ungkap Plt Kepala Bappeda Sultra, J Robert Maturbongs, Kamis (14/3/2020).

Semula pemprov mengusulkan pinjaman sebesar Rp 1, 195 triliun. Namun karena karena adanya pemangkasan Rp 7 miliar, maka besaran pinjaman yang disetujui mendagri menjadi Rp 1, 188 triliun.

Pasca keluarnya rekomendasi Mendagri nanti, lanjut Robert, dokumen permohonan pinjaman segera didorong ke PT SMI untuk ditindaklanjuti ke level direksi di lembaga pinjaman berbasis skema Blended finance itu.

“Kami juga segera akan mengupayakan pengajuan izin pelampauan batas defisit ke kementerian keuangan sebagai salah satu syarat selain syarat rekomendasi mendagri,” jelasnya.

Menurutnya, untuk masuk ke proses pencairan anggaran memakan waktu cukup lama karena diakui koordinasi selama ini hanya melalui surat atau kewat telepon.

“Semoga pendemik ini bisa segera berakhir sehingga proses penyelesaian tahapan pinjaman dapat berjalan normal hingga penandatangan MoU antara Menteri Keuangan dan PT SMI,” ujarnya.

Soal mekanisme pencairan, kata Robert itu berjalan dalam tiga tahap daam tahun ini yaitu tahap I sebesar Rp 300 miliar, Tahap II Rp 600 miliar dan tahap ketiga berkisar Rp 800 miliar.

“Sisa pinjaman hingga sesuai jumlah usulan sebesar Rp 1, 188 triliun akan tahun dicairkan pada tahun 2021. Prediksi kami tahap I sudah bisa jalan bulan Maret 2020. Cuma karena dampak wabah, yah skedulnya bergeser,” tuturnya. (Mur)

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini