TGUPP Tepis Informasi Proyek Terindikasi Mangkrak di Sultra

0
307
Suasana Coffe Morning TGUPP bersama jurnalis di Kantor Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Senin (23/8/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TUGPP) menepis adanya informasi sejumlah proyek strategis terindikasi mangkrak. Tim itu menilai seluruh program strategis pembangunan di Sultra berjalan sesuai rencana.

Itu terungkap saat gelar Coffee Morning yang digelar TUGPP dihadiri sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Senin (23/8/2021).

Asisten II Setdaprov Sultra, Suharno menuturkan, saat ini Pemprov Sultra mengoptimalkan realisasi pembangunan tiga proyek unggulan seperti Perpustakaan internasional Kendari, RS Jantung dan Pembuluh Darah Kendari dan pembangunan Jalan Trans Wisata Toronipa.

“Kalau ada informasi menyebar bahwa proyek itu mangkrak sama sekali tidak benar. Makanya kami minta agar peran teman-teman media memberikan informasi berimbang agar tidak terjadi misinformasi,” ucapnya.

Tak cuma itu, kata dia, seluruh pembangunan saat ini mesti diketahui oleh semua masyarakat sebagai sesuatu yang positif. Tanpa peran optimal media, maka berbagai informasi pembangunan sulit tersaji dengan baik.

“Jadi berbagai pembangunan yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat juga harus mendapat porsi informasi dalam pemberitaan. Bukan cuma sekadar menyoroti berbagai kekurangan pembangunan,” tegasnya.

Kadis Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul menambahkan, saat ini pihaknya sedang menggenjot penyelesaian dua proyek besar yaitu RS Jantung dan Pembuluh Darah serta Perpustakaan Internasional.

“Untuk perpustakaan kami target tahun ini sudah bisa digunakan. Yah kira-kira bulan Desember sudah dapat diresmikan,” tuturnya.

Di momen itu, Ketua Pengprov Perbasasi Sultra ituj juga menginformasikan seputar kondisi pembangunan perpustakaan internasional. Diantaranya seputar pemanfaatan ruang di setiap bangunan berlantai tujuh itu.

“Di kawasan perpustakaan nanti sudah kami siapkan hotspot. Jadi memudahkan pengunjung untuk beraktivitas selain ingin membaca. Desainnya menyerupai konsep perpusatakaan Harvard University, Amerika Serikat,” terangnya.

Khusus rumah sakit, lanjutnya, sudah sampai tahap pengecoran lantai II dan bila kondisi cuaca mendukung bulan Desember sudah pengecoran lantai 17. Begitu pula proyek Wisma Sultra di Kota Makassar yang kini siap digunakan.

“Kami pada prinsipnya tetap terbuka memberikan informasi yang dibutuhkan rekan media baik itu informasi atau sifatnya konfirmasi. Biar bagaimana pun keberimbangan berita juga untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis Bina Marga dan SDA Sultra, Burhanuddin bahwa saat ini Pemprov Sultra juga tengah berupaya mengoptimalkan pemanfaatan potensi Aspal Buton secara nasional.

“Saat ini sedang digodok regulasi yang mengatur soal pengelolaan Aspal Buton yang melibatkan pengusaha lokal dan upaya memuluskan Aspal Buton masuk dalam proyek jalan 1000 kilometer,” katanya. (***)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini