Sri Lestari Sulkarnain Pimpin GPMB Kota Kendari

0
66
Suasana pelantikan Pngurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari oleh Wali Kota Sulkarnain Kadir, Senin (4/10/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Wali Kota Sulkarnain Kadir resmi melantik dan mengukuhkan pengurus daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari. Sri Lestari Sulkarnain didaulat menjadi Ketua untuk periode 2021-2025.

Pelantikan yang berlangsung di Aula SMPN 9 Kendari, Senin (4/10/2021), juga disaksikan secara daring oleh Ketua Umum PP GPMB Dr Tjahjo Suprajogo. Hadir pula secara langsung Ketua GPMB Sultra Prof Hanna.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, minat baca harus selalu dikembangkan karena kemajuan peradaban suatu daerah ditentukan dari kualitas literasi masyarakat dibangun.

Menurutnya, negara-negara maju di dunia memberikan perhatian lebih terhadap kemajuan literasi. Salah satu buktinya, berdirinya perpustakaan hingga ratusan tahun dengan pengembangannya yang cukup moderen.

“Perpustakaan punya peran yang tidak kecil, makanya saya minta pada pengurus, bagaimana kita bisa berkontribusi pada anak-anak muda agar tidak kehilangan identitas. Dan ini harus dimulai dengan kehadiran kita disini sebagai bentuk kontribusi,” ujarnya.

Ketua Pramuka Kwarcab Kota itu berharap, pengurus yang dilantik selalu semangat dalam mengedepankan ide dan cita-cita besar guna mengembangkan minat baca karena dengan itu sumber daya akan mengikut.

“Kita juga berharap, pengurus GPMB untuk membiasakan menulis karena membaca dan menulis sama seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua GPMB Kota Kendari Sri Lestari mengucapkan terimakasih atas dukungan stakeholder yang telah mendukungnya untuk memimpin GPMB Kota Kendari.
Dia mengakui, saat ini minat baca masyarakat tergolong masih rendah sehingga GPMB hadir untuk membantu pemerintah untuk meningkatkan minat baca.

“GPMB hadir dengan tujuan untuk meningkatkan literasi dan minat baca dikalangan masyarakat, salah satu program GPMB dalam meningkatkan kecerdasaan dan kualitas sumber daya manusia ialah dengan minat baca,” terang Alumni Pendidikan Bahasa Inggris UHO itu. (**)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here