Pemkot Tangsel Jajaki Program Smart City di Kendari

0
278
Asisten I Pemkot Tangerang Selatan, Dadang Raharja bertukar cendramata dengan Asisten III Pemkot Kendari Makmur. Turut mendampingi Kadis Kominfo Fadlil Suparman. (IST)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Program Smart City yang digagas Pemerintah Kota Kendari rupanya menarik perhatian Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk melakukan studi tiru.

Bertempat di Ruangan Command Center Kantor Balai Kota Kendari, Rabu (22/2/2023), rombongan perwakilan Pemkot Tangsel yang dipimpin Asisten I Dadang Raharja diterima langsung oleh Asisten III Pemkot Kendari Makmur.

Rombongan Pemkot Tangsel rupanya juga menyertakan sejumlah staf ahli untuk belajar pengalaman Pemkot Kota Kendari mengembangkan teknologi Metaverse.

Asisten III Pemkot Kendari Makmur dalam sambutannya, merasa bangga Kota Kendari dapat menjadi lokasi studi tiru dari Pemkot Tangerang Selatan.

“Harusnya kami yang banyak belajar ke Tanggerang Selatan karena sudah lebih maju. Terkait program tersebut memang sejak pemerintahan sebelumnya sudah mencanangkan Kota Kendari sebagai Smart City,” ungkap mantan Kadis Dikmudora itu.

Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Drs. Fadlil Suparman, S.STP saat memaparkan program Smart City ke rombongan Pemkot Tangsel.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari Fadlil Suparman menjelaskan, saat ini Pemkot Kendari masih terus belajar untuk menjadi kota cerdas.

“Saat ini Pemerintah Kota Kendari sedang menyusun rencana kerja sama dengan Kabupaten Sumedang untuk pengembangan teknologi informasi sesuai arahan pak Presiden, terkait pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” jelasnya.

Menurut Alumni IPDN itu, saat ini Pemkot Kendari masih terus memperbaiki indeks SPBE yang masih di bawah angka 3. Sehingga tahun 2023 ini, hal tersebut menjadi salah satu prioritas.

Tentang teknologi metaverse yang sempat diperkenalkan sebelumnya, lanjutnya, terjadi kesalahan teknis pengembangannya sehingga tidak ditindaklanjuti.

“Renstra tahun 2023-2026 mengacu pada target peningkatan indeks SPBE, tahun 2023 kami menargetkan 2,7 namun itu masih rendah menurut wali kota, sehingga beliau mematok harus di atas tiga,” ungkap mantan Camat Wua-Wua itu.

Untuk diketahui, pertemuan tersebut diawali dengan pemutaran video tentang profil Kota Kendari. Kemudian, ditutup dengan penukaran cinderamata antara Pemkot Kendari dengan Pemkot Tangsel. (**)

Reporter : Johartawan

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini