Program Belajar Calon Mahasiswa ke Jerman Dinilai Terobosan Strategis

0
329
Muhammad La Poli

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Rencana Pemprov Sultra mengirim calon mahasiswa ke perguruan tinggi di Jerman mendapat apresiasi positif dan dukungan dari DPRD Sultra.

Ketua Komisi IV DPRD Sultra Muhammad La Poli mengatakan, kerja sama berkaitan dengan pengembangan pembangunan sumber daya manusia itu harus didukung untuk kemajuan bangsa dan daerah.

“Mustahil memiliki sumber daya manusia hebat tanpa dukungan pendidikan yang berkualitas. Program mahasiswa belajar ke perguruan tinggi di Eropa adalah terobosan strategis,” katanya, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, di era sekarang ini dan masa mendatang dibutuhkan sumber daya manusia hebat berlatar belakang keilmuan kesehatan, keuangan, teknologi informasi, dan mekanikal.

“Kalau bisa terobosan ini dapat dicanangkan menjadi salah satu program prioritas maupun unggulan daerah mengingat persaingan kemajuan daerah selalu diukur dari kualitas sumber daya manusianya,” ujar Politisi PKS itu.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara bekerjasama dengan Surya Institut kini mempersiapkan calon mahasiswa melanjutkan pendidikan tinggi ke Jerman.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Asrun Lio

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio di Kendari, Senin, mengatakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan merekrut siswa SMU sederajat yang duduk dibangku kelas III.

“Siswa kelas III sebanyak 20 akan dipersiapkan sekitar satu tahun di Surya Institut. Kita berharap 20 siswa asal Sultra terjaring mengikuti pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi di Jerman,” kata Asrun.

Namun, harapan meloloskan 20 orang ke Jerman menjadi kewenangan Surya Institut berdasarkan standar yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan tersebut.

Surya Institut yang dikenal sebagai lembaga pendidikan yang mencetak juara olimpiade menjaring siswa dari daerah-daerah yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar dan menuntut ilmu pengetahuan. (**)

Reporter : Juhartawan

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini