KIPP Sultra Gelar Konsolidasi Pengurus Hadapi Pemilu 2024

0
525
Pengurus KIPP se Sultra usai gelar pertemuan konsolidasi menghadapi rencana pemantauan tahapan Pemilu 2024.

MCNEWSULTRA.ID, Kendari — Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) memantapkan persiapan pemantauan tahapan Pemilu 2024. Agenda itu juga telah didiskusikan oleh jajaran Pengurus KIPP se-Sulawesi Tenggara.

“Secara teknis dan serentak kami baru saja menyerahkan SK kepengurusan KIPP kabupaten maupun kota,” ungkap Ketua KIPP Sultra Muhammad Nasir usai gelar konsolidasi pengurus KIPP se-Sultra di Anjungan Teluk Kendari, Minggu (4/12/2022) malam.

Dia mengatakan, secara nasional KIPP sudah mendaftarkan diri sebagai salah satu lembaga pemantau independen ke Bawaslu RI beberapa waktu lalu. Dan informasi KIPP sudah terakreditasi sebagai pemantau Pemilu 2024 akan disosialisasikan ke KPU provinsi, kabupaten dan kota.

“Kami (KIPP) akan berkunjung ke Bawaslu dan KPU di daerah guna berkoordinasi sekaligus akan menyodorkan daftar nama relawan pemantau nanti,” ujarnya.

Dalam pandangan KIPP, kata Nasir, pemantauan pemilu oleh lembaga swadaya masyarakat atau NGO dalam negeri merupakan bagian dari peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara yang didasarkan kepada prinsip kesukarelaan, independensi, non partisan/nonparsial dan non violance.

“Saat ini baru terbentuk 12 kepengurusan KIPP di kabupaten maupun kota. Kita berharap pembentukan pengurus seluruh daerah bisa tuntas sebelum tahapan pelaksanaan pemilu,” ucapnya.

Nasir berharap dalam melaksanakan tugas-tugas pemantauan anggota KIPP senantiasa menjaga integritas dan independensi, menjalin sinergitas dengan unsur penyelenggara pemilu.

“Sinergitas dengan unsur penyelenggara dengan tetap mengedepankan sikap kritis jika penyelenggara bekerja tidak selaras dengan konstitusi dan regulasi lainnya,” tegasnya. (***)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini