Innalillahi, Pasien PDP Covid-19 Asal Kota Kendari Meninggal

0
327
foto istimewa

mcnewsultra.id, KENDARI – Informasi teranyar dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Tenggara. Kali ini seorang pasien Rumah Sakit Bahteramas berinisial D (37) meninggal dunia sekitar Pukul 19.45 Wita, Senin (27/4).

Pasien berjenis kelamin perempuan asal Kota Kendari itu memiliki riwayat penyakit gagal ginjal dan harus menjalani terapi cuci darah selama dua tahun terakhir. Selama menjalani perawatan pasien itu berstatus dalam pengawasan.

Menurut Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra dr La Ode Rabiul Awal, hasil pemeriksaan menunjukkan pasien memiliki riwayat post kemoterapi Ca Ovarium (kanker ovarium). Dia pun sempat dirawat di RS Grestelina, Makassar.

”Setelah dilakukan berbagai tindakan, kondisi pasien terus memburuk. Kematiannya disimpulkan karena penyakit berat. yang diderita karena uji laboratorium pasien untuk Covid-19 masih ditunggu hasilnya,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra dr Rabiul Awal di Kendari, Selasa (28/4/).

Sebelumnya, kata dia, pasien tersebut sudah kali menjalani rapid test. Prosedur itu berlangsung di ruang IGD RSUD Bahteramas dan hasilnya adalah non reaktif. Seminggu kemudian dia kembali menjalani rapid test lagi dan hasil medis menunjukkan reaktif.

Pasien lalu dipindahkan ke ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Dua hari kemudian dilakukan pengambilan Swab tenggorok dan tindakan cuci darah. Saat itu kondisi pasien mengalami sesak napas berat.

Beberapa hari berikutnya, kondisi pasien sesak nafas berat disertai saturasi oksigen yang makin menurun menjadi 83 persen. Selanjutnya dikonsultasikan ke Dokter Penanggungjawab Pelayanan (DPJP) dan dilakukan pemberian obat-obatan namun tidak memberikan respon.

“Pasca tindakan Hemodialisa Pasien masih merasakan Sesak. Pasien makin hari keadaanya makin memburuk dari sebelumnya, dan akhirnya pasien dinyatakan meninggal dunia.” terang Rabiul Awal. (**)

Reporter : Juhartawan


Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini