Unik, Konsep Undian Nomor Urut Pilbup Konkep Gunakan Buah Kelapa Tiruan

0
638
Cara unik KPUD Konkep mengundi nomor urut paslon dengan menggunakan buah kelapa tiruan. (FOTO : Kardin/PS)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – KPUD Konawe Kepulauan telah menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) yang akan bertarung di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konkep 2020.

Paslon bupati petahana Amrullah – Andi Muhammad Lutfi mendapatkan nomor urut 1, sedangkan paslon dari jalur perseorangan, Halim – Untung memperoleh nomor urut 2. Disusul Musdar – Ilham Jaya nomor urut 3. Dan terakhir, Oheo Sinapoy – Mutaqqin Siddiq dengan nomor urut 4.

Namun ada hal menarik dari gelaran tersebut, dimana KPU Konkep mendesain sebuah konsep pengundian unik yakni dengan memilih atau menarik buah kelapa tiruan dari pohonnya.

Koordinator Divisi (Kordiv) Teknis KPU Konkep, Badran mengatakan, pihaknya terbesit ide tersebut karena pandemi covid-19 saat ini sehingga diperlukan sebuah konsep pengundian yang mempertimbangkan protokol kesehatan namun tetap adil dan peluang mendapatkan nomor urut, sama disemua paslon.

“Jadi kita buat konsep pengundiannya menggunakan buah kelapa tiruan yang terbuat dari bahan gabus kemudian kita isikan kertas nomor urut paslon di dalamnya. Buah kelapa ini kemudian dipetik dari pohonnya yang juga buatan. Harapannya, dengan konsep ini tidak terjadi kontak fisik diantara sesama paslon seperti pengundian pada umumnya,” jelasnya, Kamis (24/9/2020).

Badran juga menambahkan, konsep pengundian menggunakan buah kelapa tiruan ini sebagai upaya KPU mempertunjukan nuansa lokal dan ciri khas Konkep yakni tanaman kelapa sebagai potensi pertanian unggulan, juga cikal bakal nama Pulau Wawonii.(**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini