Tujuh Bumdes Konkep Dijatah Kendaraan Operasional Pedesaan

0
420
Harsin Abdul Rahim

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Sebanyak tujuh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bakal menerima Bantuan Mobil Angkutan Pedesaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Konkep,  Harsin Abdul Rahim merincikan, tujuh Bumdes yang mendapat bantuan mobil berjenis pick up itu yakni, Desa Langara Indah Kecamatan Wawonii Barat, Desa Waworope Kecamatan Wawonii Utara, Desa Bangun Mekar Kecamatan Wawonii Timur Laut.

Kemudian Bumdes Lembono di Kecamatan Wawonii Timur, Sinaulu Jaya di Kecamatan Wawonii Tenggara, Bobolio di Kecamatan Wawonii Selatan dan Rawa Indah di Kecamatan Wawonii Tengah.

“Sebenarnya pada saat kita usulkan ada 13 mobil Bumdes, tetapi setelah hasil singkronisasi dari Kemendes PDTT, yang disetujui cuman 7 saja,” ungkapnya saat diwawancarai awak MCNEWSULTRA.ID, di ruangannya, Rabu (3/3/2021).

Lebih lanjut, Harsin menjelaskan, anggaran mobil bumdes tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai1,8 miliar. Pelaksanaanya dipastikan tinggal menunggu SK penetapan dari Bupati saja.

“Jadi mobil Bumdes ini nantinya berperan meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor transportasi perintis. Membantu petani mengangkut hasil pertaniannya, termaksud pedagang dan nelayan juga,” jelasnya.

Harsin berharap, bantuan mobil angkutan pedesaan tersebut betul-betul dikelola dengan baik oleh Bumdes. Sehingga asas manfaatnya terasa.

“Kita berdoa saja mudah-mudahan tidak ada refocusing anggaran lagi. Sehingga sesuai rencana bulan November atau Desember kita bisa launching,” harapnya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini