Tiga Desa Wawonii Tenggara Sepakat Hibahkan Tanah untuk Bangun USB

0
629
Warga Mosolo Raya usai memasang plank untuk lahan calon USB SMA 2 Wawonii Tenggara. (Foto : Kardin)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Tiga desa di Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan, sepakat menghibahkan lahan untuk pertapakan pembangunan gedung Unit Sekolah Baru (USB) setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tiga desa tersebut yakni, Desa Mosolo, Sinar Masolo, dan Sinaulu Jaya. Untuk lokasi USB ditetapkan berada di Desa Sinaulu Jaya.

Kepala Desa Mosolo, Zabaruddin mengatakan dengan adanya lahan yang disiapkan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dapat merespon dan segera menanggarkan pembangunan USB SMA yang telah lama didambakan masyarakat Mosolo Raya.

“Karena melihat berbagai pertimbangan baik aspek pendidikan, ekonomi, maupun sosial, keberadaan SMA sangat diharapkan masyarakat Mosolo Raya,” ujar Zabaruddin usai pemasangan papan nama lokasi persiapan pembangunan SMA, Sabtu (27/6).

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Desa Sinaulu Jaya, La Barimu. Ia berharap Pemprov Sultra segera mewujudkan pembangunan SMA di wilayah Mosolo Raya.

Pasalnya selama ini masyarakat setempat hanya mengandalkan SMA 1 Wawonii Tenggara yang berada di Desa Roko-Roko.

“Keberadaan SMA 1 Wawonii Tenggara yang berada di Desa Roko-Roko jaraknya cukup jauh dari desa kami. Ditambah lagi, akses jalan yang rusak parah untuk bisa sampai kesana sehingga sangat susah anak-anak untuk Pulang Pergi (PP). Jadi kebanyakan orang tua memutuskan anak-anaknya langsung sekolah SMA di Kota Kendari saja,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Desa Sinar Masolo, Bisman Abdullah meminta agar Dikbud Sultra dapat melihat dan merespon keseriusan warga Mosolo Raya akan hadirnya SMA baru di Kecamatan Wawonii Tenggara ini.

“Tolong Pemprov Sultra dalam hal ini Dikbud, perhatikan keseriusan ini, warga rela mewakafkan lahannya hanya agar SMA bisa berdiri di wilayahnya. Yang paling penting juga para orang tua nantinya tidak perlu lagi menghabiskan anggaran besar untuk menyekelokan anaknya di Kendari,” tandasnya. (**)

Laporan : Kardin

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini