Suasana Pemakaman Briptu Herlis, Selamat Jalan Bhayangkara Muda

0
721
Pemakaman jenazah almarhum Briptu Herlis Pombili melewati upacara militer. Anggota Brimob Polda Sulteng itu dimakamkan di TPU Desa Kondara, Lasusua, Kamis (4/3/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Suasana duka menyelimuti keluarga besar almarhum Briptu Herlis Pombili. Jenazah anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah itu sudah tiba di kampung halamannya di Desa Kondara, Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka sekitar Pukul 12.00 Wita, Kamis (4/3/2021).

Isak tangis keluarga menyambut kedatangan jasad anak ketiga dari empat bersaudara itu menggunakan Helikopter Polri jenis Dolphin AS 365 N3/P-3103 mendarat di Lapangan Sepakbola Mekuasi.

Komandan Brimob Polda Sultra Kombes Pol Adarma Sinaga menuturkan, jenazah korban baku tembak dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) itu diterbangkan langsung dari Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu.

“Kami sudah mengerahkan 30 personil Brimob untuk terlibat maupun mengawal proses pelepasan, persemayaman hingga pemakaman almarhum hingga selesai,” katanya.

Pantauan mcnewsultra.id, ribuan orang juga turut menyambut kedatangan jenazah Briptu Herlis Pombili yang selanjutnya diangkut menggunakan mobil Ambulans ke rumah duka berjarak 300 meter dari lapangan.

Usai disemayamkan di rumah duka, jenazah diserahkan kembali oleh pihak keluarga untuk dimakamkan secara militer yang diterima oleh Kapolres Kolaka Utara, AKBP I Wayan Rico Setiawan.

Wadansat Brimob Polda Sulteng AKBP Denny Jatmiko, juga ikut mengantar jenazah almarhum ke tempat peristirahatan terakhirnya.

“Saya mewakili Polda Sulteng mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga almarhum. Semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi cobaan ini. Dan almarhum Brigadir Anumerta Herlis mendapatkan tempat yang terbaik di sisiNya,” ujar Denny Jatmiko.

Sementara itu, Kapolres Kolaka Utara AKBP I Wayan Riko Setiawan mewakili Polda Sutra memberikan santunan senilai Rp 70 juta pada keluarga almarhum sekaligus mengucapkan turut berbelasungkawa atas gugurnya Briptu Herlis membela negara.

“Almarhum adalah pahlawan dan putra terbaik Bangsa ini yang telah berkorban nyawa demi keutuhan negara kita,” tuturnya.

Proses pemakaman almarhum sesuai instruksi Kapolda Sultra sebelumnya mengarahkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Totallang, Lasusua. Namun berbagai pertimbangkan jenazah dimakamkan di pemakaman umum saja.

“Pihak keluarga meminta almarhum dimakamkan di TPU Desa Kondara saja karena pertimbangan TMP Totallang cukup jauh dari rumah almarhum,” ungkap Bripka Aksan, kakak sepupu almarhum.

Akhirnya, pihak Polda Sultra menyahuti permintaan keluarga besar dan sepakat pemakaman jenazah Almarhum Briptu Herlis di TPU Kondara, tepat di samping makam ibunya yang sudah lebih dulu meninggal saat Herlis menjalani pendidikan militer. Selamat Jalan Bhayangkara Muda !

Diketahui, sesaat sebelum Briptu Herlis tewas, terjadi baku tembak antara personil Brimob dengan MIT yang dipimpin Ali Kalora di Pegunungan Kilo 7 Desa Gayatri, Kecamatan Poso Pesisir, Sulawesi Tengah, Rabu (3/3/2021) sekitar pukul 16.00 Wita.

Dalam kontak senjata itu, satu peluru mengenai badan bagian samping Herlis sehingga anggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Madago Raya itu tewas.

Aksi ini, terjadi dalam rangkaian penyisiran lokasi yang dicurigai sebagai tempat persembunyian angggota MIT yang dilakukan sejak Senin (1/3/2021). Saat itu, Seorang anggota TNI Praka Dedi Irawan dan dua orang anggota MIT tewas saat terjadi penyergapan.  (***)

Reporter : Andi Momang

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini