Sepakat Rp 23,6 M, Konkep Tercepat Teken NPHD Pilkada

0
317
Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada Konawe Kepulauan beberapa waktu. Tampak Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir (kedua dari kanan)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Pemerintah dan legislatif Kabupaten Konawe Kepualauan sepakat mengalokasikan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sebesar Rp 23, 6 miliar. Sedangkan unsur Bawaslu mendapat dukungan dana Rp 7,6 miliar.

Penetapan itu juga secara resmi dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) berlangsung di Imperial Hotel Kendari, Senin (30/9/2019).

Ketua KPU Sultra, Abdul Nasir Muthalib memberikan apresiasi atas langkah jajaran komisioner, eksekutif dan legislatif atas kerjasama maupun sinergitas yang baik sehingga penandantangan NPHD bisa terlaksana.

“Dari tujuh kabupaten yang akan berpilkada di wilayah Sultra, Konkep ini daerah tercepat merealisasikan kesepakatan NPHD Pilkada di Sultra. Sedangkan daerah lain masih sedang membangun kesepakatan dulu,” katanya.

Ojo -sapaan akrab – menambahkan, untuk tahapan penandatangan NPHD ini harus rampung pada 1 Oktober 2019. Bila anggaran pilkada belum mencukupi sesuai aturan dan undang-undang tetap menjadi tanggungjawab daerah.

Bupati Konkep, Amrullah mengungkapkan rasa syukurnya atas kerjasama yang baik antara KPU dan Bawaslu yang begitu gesit melakukan proses pembahasan anggaran hingga NPHD resmi disepakati bersama.

“Melalui proses penandatanganan ini dapat melancarkan semua proses Pilkada hingga melahirkan pemimpin yang diamanahi rakyat,” katanya.

Sedangkan Ketua KPU Konkep Iskandar mengapresiasi respon positif pemerintah dan tim TAPD sehingga KPUD Konkep lebih awal melaksanakan kewajiban dari tujuh lembaga penyelenggara lainnya di Sulawesi Tenggara. (*)

Reporter : Kardin

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini