Sebanyak 15 Desa Tuntas Salurkan Dana BLT Tahap V

0
449
Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolut, Usman

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Sejumlah desa sudah menuntaskan penyaluran dana Bantuan Tunai Langsung (BLT) Tahap V pada penerima bantuan. Namun dari 127 desa dan enam kelurahan, baru 15 desa merealisasikan hal itu sesuai petunjuk teknis Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.

“Kecamatan Pakue Utara itu terbanyak desa yang menyalurkan BLT Tahap V sesuai skedul juknis sebelum lebaran. Umumnya pemerintahan desa lainnya juga sudah rampung minggu pertama sebelum ramadan beberapa waktu lalu,” ungkap Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaa Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolaka Utara, Usman, Senin (24/5/2021).

Penyalur terbanyak kedua adalah Kecamatan Lasusua. Sedangkan kecamatan lainnya masih tersisa 1-2 desa belum tereaisasi BLT-nya. Saat ini ada tambahan 9 desa lingkup 5 kecamatan mengusulkan tambahan permintaan pencairan.

“Masih ada wilayah kecamatan sama sekali belum mengajukan usulan pencairan seperti Kecamatan Porehu, Batu Putih, Kodeoha, Katoi, Lambai dan Rante Angin,” katanya.

“Yang kami hitung berdasarkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) yang masuk di pemerintah daerah dan permintaan pencairan dan disandingkan dengan data Penarikan dari Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) ,” imbuhnya.

Usman menuturkan, keterlambatan dana BTL desa Tahap V pada bulan Mei karena sejumlah desa terlambat membahas APBD Desa. Pihak Pemdes sudah berulang kali menyurat maupun penyampaian secara lisan agar pemerintah desa segera merealisasikan hal itu. Pasalnya, tekanan pemerintah pusat dalam program pemulihan ekonomi nasional di masa Pandemi Covid-19.

“Kebijakan pemerintah pusat membolehkan penyaluran BLT tanpa harus menunggu APBD Desa selesai. Jadi kepala desa bisa mengajukan usulan pencairan secepat. Kalau tidak, maka ada sanksi administrasi yaitu penundaan pencairan BLT pada bulan Juni nanti,” jelasnya.

“Sebenarnya progres pencairan dana BLT desa di Kolut masih jauh di bawah standar yang ditetapkan pemerintah pusat. Masalahnya ada kepala desa cenderung menggunakan cara lain, bahkan merapel pencairan mulai Januari – April. Itukan pelanggaran aturan. Kami sudah ingatkan jangan pakai cara itu,” terangnya.(***)

Data Urutan dan Tambahan Kecamatan Realisasi Penyaluran BLT Desa Hingga 24 Mei 2021.

URUTAN KECAMATAN

Kecamatan Pakue Utara
– Desa Lengkong Batu
– Desa Mataleuno
– Desa Puundoho
– Desa Pakue
– Desa Lawata

Kecamatan Lasusua
– Desa Rantelimbong
– Desa Batu Ganda
– Desa Babussalam
– Desa Patowonua

Kecamatan Pakue
– Desa Lalume
– Desa Mikuasi

Kecamatan Tolala
– Desa Bahari

Kecamatan Ngapa
– Desa Nimbuneha

Kecamatan Watunohu 
– Desa Watunohu

Kecamatan Wawo
– Desa Tinukari

KECAMATAN TAMBAHAN

Kecamatan Lasusua
– Desa Sulaho

Kecamatan Tiwu
– Desa Tiwu
– Desa Tahibua

Kecamatan Ngapa
– Desa Beringin

Kecamatan Pakue
– Desa Kosali
– Desa Sipakainge

Kecamatan Pakue Tengah
– Desa Labipi
– Desa Powalaa

Kecamatan Tolala
– .Desa Lawaki Jaya

Reporter : Andi Momang 

 

 

 

 

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini