Saka Kencana Ujung Tombak Program Kependudukan dan KB di Kolaka Utara

0
424
Orientasi dan Pelatihan Teknis Pengelola Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga di Pantai Berova, Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua, Rabu (24/11/2021).

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Dinas Pengendalian Penduduk (PP) dan Keluarga Berencana (KB) Kolaka Utara fokus pada upaya peningkatan kualitas penduduk. Bila kualitas populasi penduduk tidak dikendalikan sedemikian rupa akan berdampak pada terhadap pencapaian tujuan pembangunan daerah.

Dasar itu Dinas PP dan KB Kolut menggelar Orientasi dan Pelatihan Teknis Pengelola Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga di Pantai Berova, Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua, Rabu (24/11/2021).

Agenda tersebut melibatkan kepesertaan unsur Pramuka tergabung dalam Satuan Kerja Keluarga Berencana (Saka Kencana) se – Kolut yang berjumlah 60 orang.

“Dalam orientasi dan pelatihan teknis ada beberapa sesi kegiatan dengan tujuan mendorong kreativitas anggota Saka Kencana sebagai unit terkecil dari penduduk sehingga terbentuk generasi yang berkarakter,” tutur Kadis PP dan KB Kolut, Hj Hasrayani.

Mantan Camat Lasusua itu menuturkan, berbagai materi disajikan pada seluruh peserta terdiri atas Kebijakan Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), pengelolaan Saka Kencana, Krida Genre (Generasi Berencana), Krida Kesehatan Reproduksi (Respro) dan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR).

“Adapun para narasumber itu dari pengurus Kwarcab Pramuka serta Dinas PP dan KB Kolut. Sesi acara ada penyuluhan, tanya jawab dan diskusi dari pemaparan materi,” terang Ketua Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Lasusua itu.

Melalui kegiatan itu, lanjutnya, maka anggota Saka Kencana memiliki momen untuk saling tukar pikiran dan pengalaman. Paling utama pula adalah mereka dapat menjadi tenaga kader pembangunan di bidang keluarga berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan guna memantapkan pelembagaan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS), khususnya di wilayah Kolut. (***)

Reporter : Andi Momang

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini