Puskesmas Roko-roko Gencar Menangkal Informasi Hoaks Vaksin

0
555
Pelaksanaan Vaksiniasi Covid-19 di Puskemas Roko-roko Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan.

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Roko-roko Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) rupanya harus bekerja keras untuk menyosialisasikan Program Nasional Vaksinasi Covid-19. Pasalnya, masih banyak warga yang masih terpengaruh informasi hoax tentang vaksin.

Kepala Puskesmas Roko-roko Ishak melalui Koordinator Vaksinasi, Ahyar menjelaskan, sejauh ini masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi jenis sinovac baik tahap satu maupun dua berjumlah 160 orang. Terdiri dari tenaga kesehatan, TNI, Polri, tenaga pendidik, lansia dan umum.

Jumlah ini melampaui target vasinasi yang diberikan Dinkes Konkep yakni, sebanyak 150 orang.

“Untuk vaksinasi tahap awal bisa dikategorikan sukses, karena target vaksinasi untuk Puskesmas Roko-roko melampaui yang diberikan oleh Dinkes Konkep,” ungkap Ahyar saat diwawancara, Senin (26/07/2021).

Petugas tenaga kesehatan saat menyuntikan vaksin sinovac ke warga.

Ahyar merincikan, pada vaksinasi dosis satu terhitung dari tanggal 3 Juni sampai tanggal 24 Juli sebanyak 141 orang telah divaksin.

Sementara memasuki dosis dua, partisipasi peserta mengalami penurunan, hanya 19 orang yang mau mendaftarkan diri untuk vaksin. Ini dikarenakan masyarakat sudah hampir rata-rata takut untuk divaksin disebabkan informasi hoaks soal vaksin.

“Alasannya mereka takut divaksin karna beredarnya informasi dari pemberitaan dan media sosial bahwa banyak orang yang meninggal gara-gara divaksin. Bahkan mereka mengambil kesimpulan ternyata vaksin itu sangat mematikan,” ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, tahap dua vaksinasi masih tetap berlanjut hanya saja stok vaksin sinovac saat ini telah habis. Masih menunggu pasokan dari pemerintah daerah.

Dirinya berharap, upaya pihaknya yang terus gencar sosialisasi keliling mendapat bantuan ekstra dari pihak Kepolisian, TNI dan instansi terkait. Sehingga Masyarakat Wawonii Tenggara bisa lebih paham bahwa sebenarnya vaksin itu aman dan manfaatnya sangat besar terlebih untuk mencegah penyebaran virus corona. Tidak menakutkan seperti yang beritakan di media sosial.

“Kami dari pihak Puskesmas Roko-roko akan terus gencar melakukan sosialisasi dimasyarakat terkait pentingya vaksinasi dan memberikan pemahaman bahwa informasi menakutkan terkait vaksin itu adalah hoaks. Juga, tetap mematuhi prokes 5 M,” imbuhnya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here