Plt Dirjen Perikanan Tangkap Jadi Ketua ISPIKANI

0
908
Ketua Umum DPP ISPIKANI terpilih periode 2023-2027, Dr Agus Suherman (kedua dari kanan) saat Kongres Nasional ke-IX Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI). (FOTO: DPD ISPIKANI Sultra)

MCNEWSULTRA.ID, Jakarta – Kongres Nasional ke-IX Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Ancol Jakarta, Sabtu (16/9/2023), akhirnya menetapkan Dr Agus Suherman sebagai Ketua Umum DPP ISPIKANI periode 2023-2027.

Plt Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) itu dipilih secara aklamasi oleh peserta kongres yang terdiri dari 24 pengurus cabang DPD ISPIKANI dari seluruh Indonesia.

Mantan Sekjen ISPIKANI periode 1990-1998, Mustafa Abubakar yang hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan selamat kepada Dr Agus Suherman sebagai Ketua Umum DPP ISPIKANI periode 2023-2027.

“Kita berharap, di bawah nahkoda Agus Suherman, ISPIKANI dapat menjadi organisasi yang mewadahi perjuangan dalam pembangunan perikanan di Indonesia,” tuturnya.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II ini menjelaskan, ISPIKANI memiliki ikatan kuat dalam sejarah terbentuknya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Mustafa bercerita, di masa Orde Baru, perikanan hanya diurusi pejabat setingkat Dirjen di lingkungan Departemen Pertanian, dan diisi oleh perwira Angkatan Laut.

“Ini jadi pertanyaan saya, apakah para sarjana perikanan ini kurang kuat sehingga (jabatannya) harus dipegang oleh ABRI ketika itu,” ujar Mustafa.

Atas dasar itu, Mustafa mengatakan, ISPIKANI memperjuangkan agar posisi Dirjen Perikanan bisa diberikan kepada seorang sarjana perikanan.

Tak cukup sampai di situ, ISPIKANI merasa masalah perikanan dan laut Indonesia yang begitu besar, kurang optimal apabila hanya dipegang oleh Direktorat Jenderal.

Akhirnya, ISPIKANI menggandeng sejumlah stakeholder untuk membentuk Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN).

Mantan Dirut Bulog itu juga menambahkan, MPN melakukan desakan agar sektor perikanan dikeluarkan dari Departemen Pertanian dan membentuk departemen sendiri.

Ketua DPD ISPIKANI Sultra Dr Andi Irwan Nur (kiri) dan Wakil Ketua Dr Wa Iba (kanan) berfoto bersama Ketua DPP ISPIKANI terpilih.

Perjuangan tersebut membuahkan hasil di masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), sehingga terbentuklah Kementerian Eksplorasi Laut.

“Belum cukup, kita berjuang lagi karena (nama) eksplorasi laut itu masih mengganggu. Kita minta diubah menjadi Departemen Kelautan dan Perikanan, Komisi IV waktu itu setuju,” ungkap mantan Pj Gubernur Aceh itu.

Senada, DPD ISPIKANI Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Ketuanya, Dr Andi Irwan Nur dan Wakil Ketua Dr Wa Iba berharap, di bawah kepemimpinan Agus Suherman, ISPIKANI makin kuat dengan penguatan DPD di seluruh Indonesia dan berperan aktif dalam pembangunan perikanan nasional sesuai amanat AD/ART.

Salah satu rekomendasi yang diberikan oleh DPD Sultra dan diterima dalam kongres yakni, ISPIKANI tetap proaktif dan kritis dalam memberikan masukan kepada pemerintah.

“Tentu dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip ilmiah, kolaboratif dan kesetaraan. Maju dan jaya selalu untuk perikanan Indonesia,” ujar Andi Irwan Nur.

Untuk diketahui, Ketua Umum DPP ISPIKANI terpilih, Dr Agus Suherman dibantu mide formatur yakni, Prof Yonvitner dan Auhdillah akan menyusun kepengurusan DPP ISPIKANI periode 2023-2027. (**)

Editor : Johartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini