Pendataan Keluarga di Kolaka Utara Belum Optimal

0
430
Kepala DPPKB Kolut Hj Hasrayani saat memberikan keterangan pada jurnalis terkait progres sementara kegiatan pendataan keluarga di wilayah Kolut.

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo melaunching hasil pendataan keluarga tahun 2021 atau PK21, yang dilaksanakan pada 1 April- 6 Juli 2021.

Kegiatan nasional itu berlangsung secara virtual disaksikan pula Sekretaris Kabupaten Kolut Taufiq S, Asisten III Setda Kolut Muhammad Idris, jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kolaka Utara bertempat di Kantor Bupati Kolut, Kamis (4/11/2021).

Kepala DPPKB Kolut, Hj Hasrayani mengungkapkan, dalam pendataan keluarga, DPPKB Kolut sudah menargetkan mendata 32.222 keluarga. Namun hingga bulai Mei 2021 hanya terdata 31.537 keluarga.

Dia mengakui pencapaian secara keseluruhan belum optimal atau capai target karena dipicu kendala semisal sejumlah desa di Kolut relatif terpencil dan sulit diakses.

“Ada dua dusun di Desa Watumotaha Kecamatan Ngapa yang tidak terjangkau karena medan jalan yang sulit, akibat curah hujan cukup tinggi di Kolut saat itu,” terangnya.

Namun DPPKB tetap akan terus mengupdate proses pendataan keluarga agar target yang sudah ditentukan bisa tercapai.

Asisten II Setda Kolut Muhammad Idris mengatakan, kegiatan pendataan keluarga ini dilakukan dalam rangka perencanaan program Pemerintah di masa depan.

“Seluruh program pemerintah ke depan akan merujuk pada data yang sudah dirilis BKKBN. Contohnya, ketika dalam pendataan ditemukan kasus anak stunting, maka itu jadi acuan nanti dalam penanganan stunting,” jelasnya. (***)

Reporter : Andi Momang

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini