Pemprov Sultra di Momen HUT RI, Gelar Vaksinasi hingga Bagi-bagi Sembako

0
123
Gubernur Sultra, Ali Mazi

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Pemerintah Provinsi Sultra rencana akan menggelar kegiatan Vaksinasi Merdeka dan pembagian 400 paket sembako. Kegiatan itu masuk rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76.

Ketua Panitia Asrum Lio menuturkan, seluruh persiapan acara sudah mencapai 98 persen. Untuk kegiatan vaksinasi akan dilaksanakan pada Hari Senin (16/8) di Posko Terpadu Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sultra.

Sekda Provinsi Sultra, Dr Hj Nur Endang Abbas SE MSi selaku Ketua Umum Panitia Vaksinasi Merdeka Serta Penyerahan Sembako, didampingi Wakil Ketua Panitia, Drs Asrun Lio MHum PhD, Minggu (15/8) saat meninjau persiapan vaksinasi Merdeka peringatan HUT ke-76 RI, bertempat di Posko Terpadu Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sultra. (foto: ist)

“Khusus untuk pelayanan besok (hari ini,red) dibatasi 1.500 orang saja, baik itu vaksin pertama maupun vaksin tahap kedua. Yang divaksin harus membawa KTP atau KK serta kartu vaksin pertama,” ungkap Asrum Lio, Minggu (15/8/2021).

Meski pelayanan dibatasi, namun target jumlah partisipan vaksinasi tidak dibatasi karena tetap akan dilayani pada tahap vaksin berikutnya.

“Masyarakat boleh datang mendaftar langsung karena vaksinasi ini bukan hanya di momen HUT RI. Kalau momen HUT ini kuota sudah cukup. Kita sempat buka pendaftaran online,” ucapnya.

Menurutnya, vaksinasi Merdeka secara massa itu bagian upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19 sebagaimana harapan Gubernur Sultra Ali Mazi.

Dia juga mengimbau agar meskipun telah vaksinasi, masyarakat tetap mematuhi aturan protokol kesehatan. Soalnya suntikan vaksinasi cara kerjanya butuh proses atau waktu untuk membunuh virus dan meningkatkan imunitas.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan, kegiatan vaksinasi massal itu kerjasama antara Pemprov Sultra dengan Satgas Covid-19, TNI, Polri, Bank Indonesia dan Kementerian PUPR.

“Balai di bawah naungan Kementerian PUPR ini kita harapkan juga menggelar bakti sosial dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah provinsi,” katanya.

Dijelaskan pula, vaksinasi massal ini sebagai wujud intervensi pemprov dalam mendukung gerakan vaksinasi nasional sekaligus usaha memutus mata rantai penyebaran wabah.

“Kita tahu bahwa posisi Sultra saat ini berada di urutan ketiga se sulawesi dalam pencapaian program vaksinasi dan pengendalian penyebaran Covid-19,” tukasnya. (***)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here