Pemkot Kendari Disarankan Jaga Kelestarian Cagar Budaya Kota Lama

0
366
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat menggelar pertemua dengan Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sultra di Kendari, Jumat (29/1/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan menyarankan agar Pemerintah Kota Kendari tetap berupaya menjaga kelestarian cagar budaya di kawasan kota lama.

Hal itu terungkap dalam rapat membahas mengenai Pelestarian Cagar Budaya di Kota Kendari di Media Center Rujab Wali Kota Kendari, Jumat (29/1/2021). Rapat ini turut dihadiri Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir , Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, dan Kepala BPCB Sulsel.

Kepala BPCB Sulsel, La Ode Muhammad Aksa mengatakan, Tim BPCB Sulsel telah melakukan kajian terhadap semua warisan sejarah yang ada di Kota Lama Kendari. Di Kota Lama Kendari terdapat banyak potensi cagar budaya warisan bersejarah.

“Jika cagar budaya tersebut dapat dimanfaatkan dan dilestarikan dengan baik, maka hal ini dapat menjadi destinasi wisata baru bagi Kota Kendari karena memiliki daya tarik sebagai salah satu identitas kota,” terangnya.

Menanggapi masukan tersebut, Wali Kota Sulkarnain segera membentuk tim guna menginventarisir cagar budaya yang mesti diselamatkan. Selain itu pihaknya juga akan berkomunikasi dengan pemerintah provinsi mengingat kawasan kota lama terdapat proyek pembangunan berskala besar baik kawasan Jembatan Teluk Kendari maupun area pembuatan Jalan Pariwisata menuju Toronipa.

“Ini diperlukan komunikasi agar pembangunan-pembangunan tersebut tidak berlawanan dengan semangat kita untuk melindungi dan melestarikan warisan bersejarah yang ada di Kota Lama Kendari”, ungkapnya.

Pemkot, lanjut dia, akan mendalami Undang-undang atau Peraturan Daerah terkait perlindungan atau pelestarian cagar budaya, termasuk sanksi bagi pihak pelanggar atau perusak budaya di Kota Kendari. (***)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini