Pemkab Konkep Siapkan Rp 11,5 M Tangani Covid-19

0
365
Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan, Ir H Amrullah MT dan Andi Muhammad Lutfi, SE MM. (FOTO : KARDIN)

Langara, MCN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 11,5 miliar untuk penanganan kesehatan dan penanggulangan dampak virus Corona (Covid-19).

“Sesuai postur anggaran dan kondisi resiko di Konkep sehingga kita coba alokasikan anggaran Rp 11,5 miliar. Dana itu akan kita fokuskan di tiga sektor yakni, kesehatan, ketahanan pangan dan pengaman sosial,” ungkap Bupati Konkep, Amrullah, usai menggelar telekonferensi dengan pimpinan Kemendagri, KPK, BPKP dan unsur gubernur, wali kota, dan bupati seluruh Indonesia, Rabu (8/4).

Amrullah menuturkan, sebelumnya penerintah setempat melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial telah mengucurkan dana khusus sebesar Rp 1 miliar untuk menangani penyebaran virus corona.

“Saya juga telah menginstruksikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mencairkan Dana Desa untuk digunakan menangani COVID-19 sesuai prosedur yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Dari anggaran Rp 11,5 miliar tersebut, bupati memporsikan diantaranya untuk sektor ketahanan pangan sebesar Rp 5 miliar. Juga menambahkan Rp 1 miliar untuk Tagana.

“Untuk ketahanan pangan kita persiapkan agar bantuannya sifatnya langsung. Kita juga lagi mengkaji masyarakat kita yang paling terdampak dengan adanya wabah Covid-19 ini,” tuturnya.

Ketua Koni Konkep itu juga mengatakan, anggaran sebelumnya bisa saja akan ditambah bila melihat kondisi wabah yang masih merebak.

“Anggaran ini pun saya pikir bukan angka final ketika kedepan kita rasa masih perlu untuk itu, yah, kenapa tidak. Saya rasa pemerintah pusat pasti fleksibel akan hal ini. Tapi paling tidak sudah ada kita siapkan,” tuturnya.

Mantan Kadis PU Konkep itu juga berharap agar masyarakat dapat mendengarkan dan mentaati imbauan yang diperintahkan pemerintah.

“Tetap berdoa, jaga diri dan kesehatan masing-masing, lakukan imbauan pemerintah, Insha Allah kita semua pasti dapat melewati bencana ini,” harapnya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini