Pemkab Konkep Genjot Pembangunan Infrastruktur Jalan Lingkar

0
399
Tampak alat berat jenis vibratory roller sedang beroperasi di jalan lingkar Wawonii. (FOTO : IST)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus menggenjot pembangunan infrastruktur dasar di wilayahnya. Khusus jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat kembali melakukan pengaspalan di jalan lingkar Wawonii.

Kepala Dinas PUPR Konkep Israwan Sulfa, melalui Kepala Bidang Bina Marga, Unang Sulaeman mengungkapkan, pada Tahun 2020 ini, pihaknya merencanakan melakukan pengaspalan jalan lingkar sejauh 8,3 Km.

“Namun karena situasi pandemi Covid-19, akibatnya terjadi pemangkasan anggaran, Dinas PUPR Konkep hanya akan melakukan pengaspalan jalan sekitar 6,0 Km,” ungkap Unang, saat ditemui Kamis (27/8/2020).

Untuk ruas jalan yang akan dilakukan pengaspalan tahun 2020 ini, lanjut Unang yakni, Jalan Lawey – Wawouso di Kecamatan Wawonii Selatan, Roko Roko – Lawey di Kecamatan Wawonii Tenggara, Lampeapi – Rawa Indag di Kecamatan Wawonii Tengah.

Kemudian, Simpang Tiga Batumea – Simpang Empat Lamoluo di Kecamatan Wawonii Barat, Mata Iwoi – Tomba One di Kecamatan Wawonii Utara, dan Dimba – Mata Dimba di Kecamatan Wawonii Timur Laut.

“Sekarang sementara proses pengerjaan persiapan pengaspalan, material aspalnya juga sudah tiba di Pelabuhan Langara, tinggal Roko Roko – Lawey masih sementara mobilisasi materialnya di Kendari,” jelasnya.

Dari tahun 2016 hingga tahun 2019, beber Unang, Pemda Konkep melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah berhasil melakukan pengaspalan sejauh 48,75 Km status jalan kabupaten dari jalan lingkar 115 Km.

Sedangkan jalan status provinsi yang sudah dilakukan pengaspalan telah mencapai 3 Km. Sehingga total pengaspalan jalan lingkar Konkep sampai pada tahun 2019 mencapai 51,75 Km.

“Sedangkan untuk status jalan provinsi di tahun 2020 ini, lanjut Unang, akan melakukan pengaspalan sejauh 1,5 Km yakni di Simpang tiga Batumea-Lampeapi itu. Kemudian status jalan nasional di Wungkolo-Bobolio akan dilakukan pengaspalan sejauh 2.5 Km,” bebernya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini