Momen STQ Konkep, Bupati Bangun Spirit di Tengah Pandemi

0
521
Suasana pembukaan STQ V 2021 tingkat Kabupaten Konawe Kepulauan, Senin (15/2/2021)

 

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Bupati Konawe Kepulauan Amrullah secara resmi membuka gelaran Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke IV tingkat kabupaten, di Aula Sekretariat Pemda, Senin (15/2/2021). Kegiatan itu lagi-lagi masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

STQ Konkep tahun ini mengangkat tema Dengan STQ Kita Budayakan Gerakan Masyarakat Gemar Membaca Al-Qur’an sebagai Penyembuh dan Pandemi Covid-19 Segera Berlalu. Pelaksanaanya dimulai tanggal 15 – 17 Februari mendatang. Seluruh tahapan acara tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

Bupati Amrullah dalam sambutannya mengatakan, STQ adalah kegiatan strategis yang merupakan ajang lomba seni baca Al-Qur’an, yang telah melembaga dan membudaya dalam kehidupan masyarakat dan bangsa kita.

Penyelenggaran STQ, lanjutnya, bukan sekedar hanya untuk menjadi juara saja, tetapi jauh lebih penting menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an sebagai petunjuk dalam kehidupan kita.

“Kepada seluruh kafilah dari tujuh kecamatan, saya ucapkan selamat berlomba dan berkompetisi secara sehat, mengukir prestasi yang gemilang dan tetap mengedepankan rasa solidaritas persaudaraan dan ukhuwah islamiyah,” ujarnya.

Bupati dua periode itu juga berpesan, kepada semua komponen panitia yang terlibat dalam STQ tersebut, agar menunjukan peran aktifnya secara tulus, ikhlas demi syiar agama Islam.

Sementara itu, Ketua Panitia STQ ke IV Konkep, Andi Muhammad Lutfi dalam laporannya mengatakan, STQ ini akan diikuti kafilah dari tujuh kecamatan.

Adapun cabang yang dipertandingkan, Lanjut Lutfi, dibagi menjadi dua yakni, cabang Tilawah Al-Qur’an golongan anak-anak dan dewasa. Kedua, Tahfiz Al-Qur’an golongan satu dan lima juz dan tilawah serta 10, 20 dan 30 juz.

“Untuk cabang Tilawah Al-Qur’an akan dipusatkan di Aula Sekretariat Pemda Konkep. Sementara Tahfiz Al-Qur’an, akan dilaksanakan di Mesjid Pemda setempat,” terang Wakil Bupati Konkep itu.

Dalam STQ IV Konkep 2020, juara umum berhasil diraih oleh Kafilah Wawonii Barat. Sedangkan di posisi juara kedua ditempati Kecamatan Wawonii Timur, juara ketiga Kecamatan Wawonii Selatan.

Lalu Kecamatan Wawonii Tenggara di urutan ke empat, Kecamatan Wawonii Timur Laut urutan ke lima, dan Kecamatan Wawonii Utara di urutan ke enam. Untuk posisi buncit atau juara ke tujuh ditempati Kecamatan Wawonii Tengah.(**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini