Menuju Satu Data Indonesia, Diskominfo Sultra Gelar Bimbingan Teknis

0
420
Tampak peserta Kegiatan Bimtek Statistik Sektoral yang digelar Dinas Kominfo Sultra, Senin (18/1/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Problem perbedaan publis data dalam pemerintahan kerap kali terjadi. Akibatnya cukup berdampak pada proses pengambilan sebuah kebijakan. Dasar itu Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sultra menggelar Bimtek Statistik Sektoral.

Kegiatan tersebut melibatkan beberapa jajaran Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sultra dan berlangsung selama dua hari terhitung tanggal 18-19 Januari 2021.

Kepala Diskominfo Sultra Ridwan Badallah mengungkapkan, peserta kegiatan bimtek ini terdiri dari staf dan pejabat di lingkup diskominfo dan OPD lain di jajaran Pemprov Sultra. Jumlah peserta sebanyak 50 orang.

Kepala Dinas Kominfo Sultra M Ridwan Badallah (kedua dari kiri) usai acara pembukaan Bimtek Statistik Sektoral

“Bimtek ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman dan keterampilan dasar mengenai pengelolaan data dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia. Kita bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kegiatan ini,” jelasnya membuka acara, Senin (18/1/2021)

Ke depannya, lanjutnya, Diskominfo Sultra akan membangun sebuah ‘rumah’ data yang akan digunakan seluruh OPD untuk menginput dan terus memperbaharui data sektoral mereka. Sedangkan BPS Sultra akan menjadi mentor untuk memberi pendampingan dalam penyusunan dan penginputan data ini.

Pada kegiatan itu menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statisik yang mengulas pemahaman dasar tentang penyusunan standarisasi data dan metadata.

Dalam sesi diskusi, tampak Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra hadir dan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pengelolaan data di instansinya.

BKD sangat berkepentingan dalam pengelolaan data mengingat OPD ini mengelola sumber daya aparatur yang menggunakan sejumlah aplikasi. (***)

Reporter : Juhartawan

 

 

 

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini