Medan Lumpur Akses ke Bukit Baru Mulai Dibereskan

0
283
Tampak upaya Dinas PUPR Kolut mengatasi genangan lumpur yang menutup badan jalan menuju Desa Bukit Baru, Sabtu (21/8/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kolaka Utara kerahkan alat berat untuk membereskan lumpur di area akses jalan menuju Dusun I Desa Bukit Baru, Kecamatan Batu Putih.

Seperti diketahui, jalan tersebut penuh kubangan lumpur setelah tebing-tebing di sekitarnya longsor hingga menyisir badan jalan. Akibatnya pengguna jalan cukup terganggu, bahkan distribusi beras raskin pun ke desa itu tertangguhkan.

“Target kami cuma dua hari membenahi itu jalan hari sabtu dan minggu. Harus tuntas itu,” ungkap Kadis PUPR Kolut, Mukramin saat memantau alat berat menyingkirkan lumpur di badan jalan, Sabtu (21/8/2021).

Dituturkan, aktivitas pertama adalah menggusur seluruh lumpur di sekitar bahu jalan yang menghalangi jalan. Lalu hari kedua baru membuat galian sekaligus memasang tiang pancang (turap) agar bisa membendung potensi longsor dari atas gunung.

“Setelah kita lakukan perbaikan, maka dua hari kedepan kita akanĀ  pantau terus perkembangannya karena bulan ini adalah musim penghujan,” ucapnya.

Kondisi musim hujan ini, kata dia, sangat sulit membenahi gerakan tanah dan patahan di atas. Jadi mesti menunggu musim hujan berlalu baru diputuskan langkah penanganan mencegah longsor lagi.

Kepala Desa Bukit Baru, Mustamin Rapi, penanganan jalan oleh Dinas PUPR itu sedikit memudahkan warga lagi melintasi jalan itu.

“Kami mengpresiasi dan berterima kasih karena pak Kadis PUPR sendiri terjun langsung mengawasi perbaikan jalan menuju Desa Bukit Baru,” katanya. (***)

Reporter : Andi Momang


Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini