Maksimalkan Asmara, Dewan Kota Minta Terlibat Dalam Pra Musrembang

0
473
Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, Ir Andi Sulolipu saat kegiatan Musrembang di Kecamatan Kendari Barat. (FOTO : Humas dan Pro. Sekretariat DPRD Kota Kendari)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – DPRD Kota Kendari meminta kepada pemerintah kota di tingkat kecamatan agar dalam tahapan pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang), pihaknya dapat dilibatkan sehingga dapat memaksimalkan penyerapan aspirasi masyarakat (asmara).

Hal tersebut dikemukakan Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Andi Sulolipu saat menghadiri acara Musrembang di Kecamatan Kendari Barat, Rabu (17/2/2021).

Menurut Andi, pelibatan anggota dewan dalam pra musrembang dapat berpotensi besar menghimpun dan menyerap aspirasi masyarakat yang tidak bisa dijangkau saat melakukan reses.

“Anggota DPRD adalah representatif masyarakat jadi bila ada seperti itu wajib mau, dan saya pribadi sangat setuju bila ada seperti itu. Karena dengan adanya keterlibatan tersebut kerja DPRD akan lebih terbantu lagi untuk menyerap aspirasi masyarakat,” katanya.

Politisi PDI-Perjuangan itu juga menilai, asmara dari reses maupun pra musrembang seyogyanya haruslah sinkron. Karena, keduanya mempunyai tujuan yang sama.

Sikronisasi itu, lanjutnya, bertujuan menyamakan apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Sehingga tidak tumpang tindih dan jelas ada realisasi.

“Bila dikatakan ada masa Reses anggota DPRD, tentunya reses itu juga tidak akan maksimal menyerap aspirasi masyarakat, namun bila dilibatkan lagi dengan Pra Musrembang tentunya akan lebih memaksimalkan lagi penyerapan aspirasi masyarakat,’

Ia juga mengkritisi pola pelaksanaan musrembang yang hanya berfokus pada infrastruktur. Padahal, di masa pandemik Covid-19 saat ini, pemulihan ekonomi dan bantuan UMKM sangat dibutuhkan sekali masyarakat.

“Kami saat reses sering menerima banyak keluhan masyarakat terkait pemulihan ekonomi dan bantuan usaha,” cetusnya. (**)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini