Legislator Kota Imbau Masyarakat Saring Berita Hoaks

0
274

Kendari, MCN – Merebaknya kabar berita bohong atau hoaks di tengah mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) cukup meresahkan berbagai pihak. Hal itu juga menjadi kekhawatiran Anggota DPRD Kota Kendari, Ilham Hamra.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Kendari itu mengutip di situs www.covid19.go.id bahwa, ada tiga langkah penting yang bisa dilakukan masyarakat di tengah wabah virus corona.

Yaitu, Cara Mengurangi Risiko Penularan, Cari Informasi yang Benar, dan Apa yang Perlu Dilakukan bila Sakit.

“Yang mau saya tekankan di sini yakni, terkait bagaimana mencari informasi yang benar mengenai pandemi ini. Jangan mudah percaya kabar yang tidak jelas kebenarannya,” tutur Ilham Hamra, Jumat (27/3).

Lebih lanjut, anggota DPRD Kota Kendari dua periode itu mengatakan, akibat rentetan berita hoaks soal virus corona, dikhawatirkan dapat berdampak secara psikologis pada masyarakat luas.

“Kabar simpang siur yang didapat masyarakat tentu bisa saja memicu kecemasan dan stres, sehingga menyebabkan sistem imun menurun dan rentan tertular virus corona,” katanya.

Oleh karenanya, upaya mengedukasi masyarakat untuk lebih berhati-hati lagi dalam menyebarkan berita terkait virus corona, menurutnya sangat penting dilakukan secara terus menerus.

“Kami mengimbau masyarakat untuk turut mengikuti arahan pemerintah melakukan isolasi diri secara mandiri (lock down) selama 14 hari di rumah,” sarannya.

Serta mengurangi kegiatan di tempat keramaian (social distancing) sebagai langkah memutus penyebaran virus corona.

“Mari masyarakat Sultra khususnya masyarakat Kota Kendari, kita lawan wabah ini bersama-sama, Kita pasti bisa. Terpenting tetap jaga kesehatan, kurangi berada di luar rumah kalau tidak penting,” harapnya.

Laporan : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini