KPU Konkep Gelar Bimtek untuk Relawan Demokrasi

0
284
Bimtek Relawan Demokrasi di Pilkada Konawe Kepulauan 2020, Selasa (6/10/2020)

MCNEWSULTRA.ID, Langara  – Mendukung kelancaran pelaksaan tugas-tugas di Pilkada 2020 ini, KPU Konawe Kepulauan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Relawan Demokrasi (Relasi). Jumlahnya sebanyak 21 orang yang sebelumnya juga telah mengikuti prosesi pelantikan resmi, Selasa (6/10/2020).

Ketua KPU Konkep Iskandar menjelaskan pada tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan, KPU RI meminta agar tahapan Pilkada di 263 kabupaten/kota dan 9 Provinsi diwajibkan untuk membentuk Relawan Demokrasi.

“Kami merujuk pada ketentuan PKPU Nomor 10 tahun 2018. Relawan yang dibentuk ini berjumlah 7 basis, setiap basis beranggotakan 3 orang,” ungkapnya.

Pembentukan Relasi, lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih di Pilkada, soalnya angka partisipasi pemilih pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang dikhawatirkan bisa saja menurun. Salah satu pemicunya karena Pandemi Covid-19.

“Untuk membantu KPU dalam hal bersosialisasi di masyarakat, maka peserta Relawan Demokrasi sangat dibutuhkan dalam mendobrak partisipasi pemilih pada tahapan pilkada 2020”, terangnya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini