Kolut Target Kembangkan Home Industri Olahan Perikanan

0
464
Pelatihan Produk Hasil Perikanan yang bermutu dan Berdaya Saing pada Pelaku Usaha Pengolahan Skala Mikro dan Kecil Tahun 2021 di Kabupaten Kolaka Utara, Rabu (17/3/2021).

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara kini berupaya menggali alternatif potensi usaha mikro dan kecil. Potensi itu diharapkan mampu mendukung keberhasilan potensi unggulan lainnya.

Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar menuturkan, di luar potensi perkebunan sebagai sektor unggulan, maka peluang usaha mikro dan kecil yang menarik dikembangkan adalah hasil perikanan.

“Kita ingin mendorong potensi usaha sektor perikanan berupa pengolahan hasil laut seperti abon ikan tongkol. Ini peluang bagi pelaku usaha home industri karena ketersediaan bahan baku cukup menjanjikan,” tuturnya.

Penegasan diutarakan saat membuka Pelatihan Produk Hasil Perikanan yang bermutu dan Berdaya Saing pada Pelaku Usaha Pengolahan Skala Mikro dan Kecil Tahun 2021, Rabu (17/3/2021). Kegiatan itu digelar Dinas Perikanan Kolut dan melibatkan peserta sebanyak 30 orang ibu rumah tangga dari 15 usaha mikro dan kecil.

Menurutnya, pelatihan itu adalah bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap pelaku usaha mikro dan kecil agar mampu mengembangkan usahanya lebih baik sehingga ikut berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Saya pernah coba makan ikan hasil olahan di Desa Mala-mala dan rasanya cukup enak. Sehingga kedepan Pemda akan bantu mencarikan jalan pendanaan, seperti bantuan KUR,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan, H Zakaria bahwa prospek pengembangan sektor usaha mikro dan kecil ini cukup menjanjikan. Di Kolut sendiri sudah memiliki produk olahan hasil laut seperti abon Ikan Cakalang, abon ikan banden, kerupuk Ikan bulan-bulan dan amplang Ikan Tengiri.

“Kedepan kami terus berupaya agar usaha ini dapat berkembang, baik dari segi peningkatan produksi dan mencarikan potensi pasar produknya. Apalagi dari berbagai ajang promosi, produk kita cukup diminati masyarakat luar,” imbuhnya. (***)

Reporter : Andi Momang

 

 

 

 

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini